Rio de Janeiro (ANTARA News) - Amerika Serikat memenangi medali emas ke-1.000 mereka di Olimpiade pada Sabtu, ketika para perenang putri AS memenangi kategori 4 x 100 meter gaya ganti estafet di Olimpiade Rio.

Kehormatan untuk mencapai torehan bersejarah itu dibagi di antara Kathleen Baker, Lilly King, Dan Vollmer, dan Simone Manuel yang menyentuh tepi kolam renang dengan mengungguli rival abadi mereka Australia.

AS tiba di Rio dengan koleksi 977 medali emas menurut Olympstats.com dan telah meraih 998 medali terhitung hari ini, sampai Jeff Henderson membawa mereka di ambang pencapaian bersejarah dengan kemenangan di lompat jauh.

Sprinter Tori Bowie nyaris membawa AS mengukir rekor itu pada 100 meter, namun atlet atletik itu hanya mampu menduduki peringkat kedua, yang membuat para perenang dapat melengkapi pencapaian tersebut.

Seandainya para perenang putri tidak mampu menggenapi keberhasilan AS, Michael Phelps dan rekan-rekannya di tim 4 x 100 meter estafet campuran akan melakukannya, di mana kuartet perenang itu memenangi medali emas selanjutnya di kolam renang.

Meski para ahli sejarah Olimpiade masih berdebat mengenai jumlah medali emas yang telah dimenangi AS, Komite Olimpiade AS mengatakan bahwa kemenangan tim putri akan diperhitungkan sebagai medali emas ke-1.000 negara itu. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016