Havana (ANTARA News) - Pemimpin revolusioner Kuba Fidel Castro tampil di depan publik bersama kakaknya Presiden Raul Castro, dalam acara gala untuk menghormati ulang tahunnya ke-90 di teater Karl Max, Havana.

Harian Granma melaporkan, Fidel Castro muncul setelah pukul 18.00 waktu setempat, mengenakan pakaian olahraga yang biasa dikenakannya.

Lebih dari 5.000 orang menghadiri gala yang disiarkan langsung oleh televisi itu, dan mereka memberinya tepuk tangan meriah sambil meneriakkan "Fidel, Fidel, Fidel" dan "Selamat, ayah".

Tokoh seperti Presiden Nicolas Maduro dari Venezuela turut hadir dalam gala, yang diisi dengan penampilan yang merefleksikan filosofi Fidel dan pahlawan kemerdekaan Kuba, Jose Marti.

Prensa Latina, kantor berita Kuba, mengatakan, bahwa tokoh-tokoh penting dari masa revolusioner Kuba di masa lalu juga hadir, termasuk penyintas serangan di Moncada Barracks pada 26 Juli 1953 dan dari perjalanan kapal pesiar Granma, yang membawa Fidel kembali ke Kuba pada 2 Desember 1956 untuk berjuang melawan kediktaktoran Fulgencio Batista.

Gala tersebut juga menampilkan pertunjukan dari La Colmenita, Teater Anak Kuba, cuplikan film dokumenter "My Friend, Fidel" dengan sutradara Santiago Alvares, serta penampilan dari "Abdala", sebuah drama yang ditulis oleh Jose Marti pada usia 16 tahun, demikian menurut Granma yang dikutip oleh Xinhua.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016