... diharapkan masyarakat dapat mengetahui informasi tentang pemilu dan proses demokrasinya."
Gorontalo (ANTARA News) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Juri Ardiantoro menyatakan pihaknya menjadikan Gorontalo pusat percontohan penerapan Rumah Pintar Pemilu (RPP), selain di KPU Kabupaten Bone Bolango dan KPU Kabupaten Pohuwato.

"Peluncuran RPP sendiri merupakan bagian dari upaya KPU dalam melakukan pendidikan pemilih kepada masyarakat," ujarnya saat meresmikan RPP di Gorontalo, Minggu.

Selain itu, menurut dia, RPP diharapkan menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan wahana edukasi tentang kepemiluan bagi pemilih pemula, khususnya para pelajar.

KPU Provinsi Gorontalo melengkapinya dengan berbagai sarana dan prasarana, yakni ruang audio visual, alat peraga, ruang diskusi, serta ruang simulasi yang di dalamnya terdapat bilik dan kotak suara layaknya Tempat Pemungutan Suara (TPS) sungguhan.

Selain itu, RPP terdapat pula miniatur TPS disertai dengan alur tata cara pencoblosan.

"Melalui RPP ini juga diharapkan masyarakat dapat mengetahui informasi tentang pemilu dan proses demokrasinya," jelasnya.

Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Provinsi Gorontalo Aniki Suleman menjelaskan bagi pelajar yang ingin mencari tahu sejarah tentang pemilu maupun hasil pemilu, baik Presiden maupun hasil pemilihan kepala daerah dapat ke RPP.

"Biasanya ada siswa-siswa yang datang ke KPU, mencari tahu tentang kepemiluan serta sejarah pemilu Gorontalo, sehingga semua data yang dibutuhkan telah disediakan, berupa infografis," ujarnya.

Pada tahun 2017 KPU Gorontalo akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boalemo.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016