Rio de Janeiro (ANTARA News) - Perenang Denmark Pernille Blume menyisihkan para favorit nomor 50 meter gaya bebas putri dengan mencatat waktu 24,07 detik Sabtu malam waktu Brasil untuk sekaligus mempersembahkan medali emas Olimpiade renang pertama bagi negaranya sejak 1948.

Simone Manuel dari AS yang menjuarai 100m gaya bebas putri meraih perak dengan selisih 0,02 detik, sedangkan Aliaksandra Herasimenia dari Belarus merebut perunggu dengan catatan waktu 24,11 detik.

Ranomi Kromowidjojo dari Belanda, juara nomor ini pada Olimpiade 2012, finis pada urutan enam, sedangkan Campbell bersaudara dari Australia --Cate dan Bronte-- kembali gagal mempersembahkan medali. Perenang Inggris Fran Halsall finis urutan empat dengan 24,13 detik.

Ini adalah emas ketiga Denmark dari cabang renang setelah pada Olimpiade London 1948 mereka mendapatkannya dari Karen-Margrete Harup (100m gaya punggung) dan Greta Anderson (100m gaya bebas).

"Medali emas bermakna luas sekali, namun juga untuk tim karena kami memiliki energi yang menakjubkan di ruang tunggu," kata Blume seperti dikutip Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016