Jakarta (ANTARA News) - Liverpool memetik poin sempurna setelah  mengalahkan Arsenal 4-3 pada pertandingan pekan perdana Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, Minggu.

Gol-gol kemenangan pasukan Juergen Klopp dicetak Adam Lallana, Sadio Mane dan dua gol Phillipe Coutinho. Adapun gol tim tuan rumah diciptakan Theo Walcot, Oxlade Chamberlain dan Callum Chambers.

Hasil ini membuat Liverpool menduduki posisi kedua klasemen sementara Liga Utama Inggris dengan tiga poin, di bawah Manchester United yang unggul selisih gol.

Arsenal memiliki kesempatan emas mencetak gol dari titik penalti saat Theo Walcott dijatuhkan Alberto Moreno pada menit 30. Namun sepakan penalti Walcott digagalkan kiper Liverpool Simon Mignolet.  

Walcott membayar kegagalannya dengan mencetak gol dari skema serangan balik yang dibangun Ramsey dan Alex Iwobi pada menit 31. Arsenal unggul 1-0.

Menjelang babak pertama usai, Liverpool membalas gol lewat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan penyerang Brasil Philippe Coutinho. Skor 1-1 bertahan pada paruh pertama.

Liverpool langsung tancap gas pada babak kedua. Adam Lallana mencetak gol yang membuat fans Arsenal di Stadion Emirates terdiam pada menit 49. Lallana melepaskan tembakan setelah menerima umpan tarik Georginio Wijnaldum.

Tujuh menit kemudian, Philippe Coutinho mencetak gol keduanya untuk mengubah skor menjadi 3-1 setelah menyambut umpan silang Clyne dari sisi kanan. Petr Cech yang berdiri di hadapan Coutinho tidak mampu membaca arah bola yang dibelokkan bekas pemain Inter Milan itu.

Arsene Wenger kemudian mengubah taktik, Oxlade-Chamberlain dan Santi Cazorla dimasukkan mengganti Alex Iwobi dan Ramsey yang sebenarnya tampil bagus pada babak pertama.

Namun Liverpool menambah gol lagi, kali ini melalui aksi individu Sadio Mane yang menusuk dari sisi kanan kemudian masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan ke sudut kanan atas gawang Arsenal. Skor menjadi 4-1.

Arsenal pun bereaksi melalui gol yang diciptakan Oxlade-Chamberlain meneruskan bola operan Cazorla pada menit 64.

Arsenal belum menyerah, melalui tendangan bebas Cazorla, Chambers berhasil menipu Mignolet sehingga bola berhasil masuk ke siudut jauh gawang The Reds pada menit 75 sekaligus mengubah skor 4-3.

Liverpool memiliki peluang matang dari sepakan Firminho yang bekerja sama dengan Wijnaldum. Sayang upaya pemain Brasil itu membentur pemain Arsenal pada menit 85. Skor 4-3 untuk kemenangan Liverpool bertahan hingga laga selesai.

Susunan pemain dilansir dari situs resmi Premier League:
Liverpool (4-3-3):
Mignolet; Clyne, Lovren, Klavan, Moreno; Lallana (Origi), Henderson, Wijnaldum; Mane, Coutinho (Emre Can), Firmino.

Arsenal (4-2-3-1): Cech; Bellerin, Holding, Chambers, Monreal; Elneny (Xhaka), Coquelin; Walcott, Ramsey (Cazorla), Iwobi (Chamberlain); Alexis.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016