Jakarta (ANTARA News) - Belakangan berhembus kabar bahwa Partai Demokrat berupaya mendekati Anies Baswedan untuk diusung sebagai calon Gubernur dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Koordinator Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku belum mendengar ada pembicaraan soal ini.

"Aku sebagai juru bicara partai. Belum dengar," ujar dia di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin.

Hal senada disampaikan Ketua Harian DPP
Partai Demokrat Syarief Hasan. Dia secara tegas membantah hal ini.

"Tidak, belum diputuskan," kata dia dalam pesan singkatnya kepada ANTARA News, Senin.

Menyoal sosok yang cocok untuk diusung partainya, Ruhut mengatakan akan berkaca pada survei. Kendati begitu, prestasi calon menjadi salah satu kriteria yang dipertimbangkan.

Sebelumnya, Partai Demokrat telah menyiapkan nama-nama calon yang akan diusung dalam Pilkada DKI 2017. Namun, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Jakarta, Nachrowi Ramli, enggan menyebutkan nama-nama tersebut, karena menunggu keputusan Dewan Pimpinan Pusat Demokrat.

Dia mengatakan, meski Partai Demokrat tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan, sejumlah bakal calon gubernur masih berkesempatan untuk diusung partainya. Calon ini diinginkan memiliki sifat yang arif, bijaksana, bersih, cerdas, santun, bermartabat dan memiliki etika.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016