Bandung (ANTARA News) - Petugas Kesehatan Hewan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menyosialisasikan ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan memiliki penyakit kepada masyarakat dalam rangka persiapan Hari Raya Idul Adha di Tasikmalaya.

"Sebentar lagi mau Idul Adha, jadi masyarakat harus tahu ciri-ciri apa saja hewan untuk kurban yang sehat dan tidak sehat," kata Kepala Seksie Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya, Drh Nina Kurniada kepada wartawan, Senin.

Ia menuturkan masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatan hewan kurban secara sederhana dengan kasat mata yakni dari penampilan fisik akan terlihat beda dari hewan pada umumnya.

Ia menjelaskan kondisi hewan yang sehat terlihat matanya bening, tidak mengeluarkan lendir, kulitnya terasa halus dan berdiri tegak.

"Beberapa tandanya, berdiri tegak, di tubuhnya tidak ada bekas luka, atau yang lebih mudah lagi hewan kurban sudah ada tanda sehat," katanya.

Ia mengatakan, memperhatikan kondisi kesehatan hewan memang perlu dilakukan, karena akan dikonsumsi oleh manusia.

Tim petugas kesehatan hewan juga, kata dia, akan terjun ke lapangan untuk memeriksa setiap hewan kurban yang dijual di pasaran.

"Nanti hewan yang sudah diperiksa akan diberi tanda sehat, disarankan masyarakat membeli yang sudah ada tanda sehatnya," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016