Lanzhou (ANTARA News) - Sekelompok orang Muslim bertolak dari Provinsi Ganzu di bagian barat-laut Tiongkok pada Senin untuk menunaikan ibadah haji, ibadah tahunan di Tanah Suci Makkah di Arab Saudi, kata pemerintah lokal.

Sebanyak 297 Muslim naik pesawat carteran di Ibu Kota Gansu, Lanzhou, sekitar pukul 14.45 waktu setempat Senin, kata Biro Karantina dan Pemeriksaan Masuk-Keluar Ganzu. Itu adalah pesawat pertama yang disewa Pemerintah Gansu tahun ini untuk orang Muslim yang ingin melaksanakan ibadah haji, lapor Xinhua-OANA.

Dari Senin sampai Sabtu, lebih dari 2.900 calon haji dari Gansu, Wilayah Otonomi Tibet dan bagian lain Tiongkok dijadwalkan terbang ke Arab Saudi melalui 10 pesawat sewaan yang berangkat dari Lanzhou.

Biro tersebut telah meningkatkan upaya untuk menyebarkan pengetahuan mengenai Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS), kata Xinhua. Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga berencana memberlakukan pengwasan ketat perbatasan guna mencegah penyebaran MERS dan Virus Zika selama pelaksanaan ibadah haji, yang dijadwalkan dimulai pada September.
(Uu.C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016