Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) mengajak masyarakat tak membiasakan diri mempromosikan konflik dan mencari-cari kesalahan sehingga mempertajam perbedaan.

"Kita jangan membiasakan diri dalam mempromosikan konflik. Kita harus mencari persamaan, bukan mempertajam perbedaan yang ada di antara kita," ujar Akom dalam sambutannya saat Sidang Bersama DPR-DPD di Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, saat masyarakat perlu saling membantu dan menguatkan, ketimbang mencari kesalahan.

"Yang penting, kita harus berjalan bersama, bahu-membahu dan bantu membantu. Kita harus saling memperkuat, bukan saling melemahkan, atau saling mencari kesalahan," kata dia.

Menyoal peran dan fungsi lembaga eksekutif, legislatif dan lainnya, dia berharap bisa ditingkatkan, sehingga berbagai permasalahan sosial seperti kemiskinan dan ketimpangan bisa teratasi.

"Kemiskinan harus kita berantas. Ketimpangan harus dikurangi dan sementara itu pembangunan infrastruktur, peningkatan dunia pendidikan dan semacamnya harus terus digalakkan," kata Akom.

Secara khusus dia mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo dan jajarannya atas usaha dan kerja keras yang selama ini dilakukan. "Dalam konteks tersebut kita harus memberikan apresiasi kepada Presiden dan Wakil Presiden, beserta seluruh jajaran kabinet atas usaha dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini," ujar Akom.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016