Jadi, saldo terpotong saat awal, atau saat Tap In masuk ke halte. Tidak ada perubahan tarif terkait pemberlakuan Tap Out, tarif Transjakarta tetap berlaku flat untuk seluruh perjalanan, yakni Rp3.500
Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melaksanakan uji coba sistem Tap In dan Tap Out pada Rabu (17/8), atau bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.

"Uji coba sistem Tap In dan Tap Out akan kami lakukan esok hari bagi para penumpang yang menggunakan Koridor 1 rute Blok M-Kota," kata Humas PT Transjakarta Prasetia Budi di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, menurut dia, sistem yang selama ini digunakan oleh para penumpang bus Transjakarta, yaitu hanya melakukan transaksi tiket dengan cara Tap in di Barrier gate saat hendak masuk ke dalam halte.

"Dengan dilakukannya uji coba sistem baru ini, maka nantinya penumpang tidak hanya melakukan Tap In pada barrier gate, tetapi juga Tap Out saat keluar dari halte bus Transjakarta," ujar Prasetia.

Lebih lanjut, dia menuturkan saldo pada uang elektronik akan terpotong hanya saat melakukan Tap In (masuk ke halte), sedangkan saat Tap Out (keluar halte) hanya untuk membuka Gate keluar.

"Jadi, saldo terpotong saat awal, atau saat Tap In masuk ke halte. Tidak ada perubahan tarif terkait pemberlakuan Tap Out, tarif Transjakarta tetap berlaku flat untuk seluruh perjalanan, yakni Rp3.500," tutur Prasetia.

Dia mengungkapkan sistem yang nantinya akan diberlakukan di seluruh koridor dan rute Transjakarta itu bertujuan untuk mendapatkan data perjalanan penumpang sebagai dasar dari pembuatan rencana operasional bus.

"Dengan pengaturan pola operasional bus yang berdasarkan pada kebutuhan penumpang, kami berharap dapat meningkatkan pelayanan, sehingga tidak terjadi antrian yang diakibatkan kurangnya jumlah bus," ungkap Prasetia.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016