"...Pemerintah bertekad melakukan percepatan pembangunan. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju"
Jakarta (ANTARANews) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur karena pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia meskipun terpengaruh perlambatan ekonomi global.

"Perekonomian Indonesia pada triwulan pertama 2016 tumbuh 4,92 persen. Bahkan, pada triwulan kedua tahun ini, pertumbuhan ekonomi nasional naik menjadi 5,18 persen," kata Presiden dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa.

Pada pidato kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun ke-71 Republik Indonesia itu, Presiden mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia itu jauh lebih besar di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia dan negara-negara berkembang.

Presiden menyatakan, 2016 merupakan Tahun Percepatan Pembangunan Nasional menyusul pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Tanah Air, khususnya di desa-desa, daerah-daerah pinggiran dan wilayah perbatasan guna memperkuat konektivitas nasional.

"Berbekal pencapaian transformasi fundamental ekonomi tersebut, memasuki tahun kedua, pemerintah bertekad melakukan percepatan pembangunan. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju," tuturnya.

Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dipimpin Ketua DPR Ade Komaruddin dihadiri para pimpinan lembaga-lembaga negara seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Irman Gusman.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2016