Jakarta (Antara) -- Perum LKBN Antara hari ini mengumumkan kerjasama dengan Wellbeing Institute (WI), lembaga riset dan konsultasi publik, untuk menjawab tingginya permintaan publik akan jasa riset publik yang kredibel dan handal.

"Sebuah kebanggaan bagi kami dapat bekerjasama dengan Antara untuk membawa sektor riset dan survey publik ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Kami membutuhkan platform untuk memperkenalkan layanan riset dan analisis indeks persepsi publik, yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Antara adalah instansi yang sangat established dan memiliki jaringan yang luas, dan saya sangat yakin kemitraan ini tidak hanya dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua instansi, tapi juga masyarakat dan dunia usaha," ujar Dr. Jadi Suriadi, co-founder Wellbeing Institute.

Keberhasilan sebuah organisasi dalam meraih sebuah objektivitas tanpa dibarengi dengan terwujudnya kemaslahatan di masyarakat akan terasa hambar dan tak bernilai. Ironisnya, hal tersebut kerap lepas dari perhatian instansi terkait, sehingga pada akhirnya ketiadaan keseimbangan antara pencapaian korporat dan kemaslahatan masyarakat menjadi tak terelakan.

Indeks persepsi publik menjadi solusi terdepan untuk menjawab tantangan yang selalu ada di lapangan ini. Indeks persepsi publik memainkan peran penting dalam mengukur pencapaian atau kinerja, baik pemerintah maupun dunia usaha di tengah masyarakat, dan mengkonversikannya menjadi actionable insight

Kapabilitas WI diantaranya adalah:
1. Analisis konten atas isu, informasi, atau berita dengan latar belakang ekonomi, sosial, dan  faktor interaksi masyarakat lainnya.
2. Survey opini publik, terutama pada sudut pandang yang khusus menyoroti persepsi masyarakat,  partisipasi masyarakat, dan akseptabilitas masyarakat.
3. Desain berbagai indeks sebagai proksi atas pengukuran kemaslahatan     

"Ranah riset publik telah lama menjadi peluang bisnis yang kami sasar mengingat tingginya permintaan pasar. Wellbeing Institute adalah mitra yang tepat dan ideal bagi kami untuk menjawab tantangan tersebut karena lembaga ini memiliki rekam jejak yang kuat di dalam sektor riset survey, analisis, dan pengukuran indeks persepsi publik," tutup General Manager Pengembangan Bisnis Perum LKBN Antara, Wawan Indrawan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016