Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membeli mesin pengolah gula untuk menjaga keamanan pangan.

"Kami akan membeli mesin pengolah gula. Dengan begitu keamanan pangan di wilayah DKI Jakarta bisa terus kami jaga," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

"Sekarang kan PT Food Station Tjipinang sudah punya mesin pengolah beras. Nanti, kira-kira dua bulan lagi kami akan beli mesin lainnya, yaitu mesin pengolah gula," ujar Ahok.

Mesin pengolah gula itu, menurut dia, juga akan dikelola oleh PT Food Station Tjipinang.

"Dengan adanya mesin itu, kami bisa mengatur harga gula, seperti yang kami lakukan pada beras. Jadi, kalau gula sudah jatuh ke PT Food Station Tjipinang, kami bisa menjual dengan harga yang murah sekali," tutur Ahok.

Selain membeli mesin pengolah gula, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berencana membangun tempat perkulakan di Pasar Kramat Jati.

"Akan tetapi, nantinya untuk pembelian bahan-bahan pokok akan menggunakan sistem kartu keanggotaan untuk menghindari terjadinya penimbunan bahan pokok," katanya.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016