Bogor (ANTARA News) - Mendeteksi kanker payudara sejak dini akan membantu penanganan secara medis, kata konsultan ahli bedah Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

"Sekarang, kanker payudara bisa disembuhkan," kata dr. Alfiah Amiruddin saat memberi penyuluhan kepada siswa SMK Kesehatan Al-Ikhlas Cisarua, Bogor, Selasa (16/8).

Pasien yang berobat sejak dini, stadium I, memiliki peluang untuk sembuh karena pengobatan pada tahap itu memang untuk menyembuhkan.

Sementara itu, menurut Alfiah, banyak pasien kanker payudara yang datang dalam keadaan stadium lanjut sehingga penanganan yang dilakukan adalah untuk mengurangi rasa sakit.

Kanker dinyatakan masuk stadium lanjut bila sel menyebar ke organ lain. Sel kanker dapat menyebar jauh dari daerah asalnya, misalnya hingga ke otak.

Alfiah menyatakan hingga saat ini penyebab kanker payudara belum diketahui pasti, faktor genetik diperkirakan 5 hingga 10 persen dan sianya dikaitkan dengan faktor lingkungan seperti konsumsi alkohol, makanan dan stres.

Tidak hanya perempuan, kanker payudara pun dapat menyerang laki-laki meski pun angka kejadiannya kecil.


Deteksi Dini

Alfiah menyarankan melakukan pemeriksaan payudara dilakukan sebulan sekali, seminggu setelah menstruasi.

Ia tidak menyarankan memeriksa seminggu sebelum atau saat menstruasi karena payudara umumnya mengalami pembengkakan sehingga sakit ketika disentuh.

Bila menemukan benjolan, segera konsultasikan pada dokter jangan menunggu membesar atau muncul rasa sakit.

Alfiah mengatakan 95 persen gejala kanker payudara tidak menimbulkan rasa sakit.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016