Surabaya (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memotivasi pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat untuk tetap semangat menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Jawa Barat, September 2016.

"Pengurus KONI harus siap dan jangan pernah berhenti menyemangati atlet-atlet yang akan berlaga di PON mendatang," ujarnya di hadapan sejumlah pengurus di Kantor KONI Jatim di Surabaya, Selasa.

Kedatangan orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut disambut Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung yang didampingi Ketua Harian Muhammad Nabil, serta sejumlah pengurus lainnya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, mengaku optimistis peluang Jatim merebut kembali juara umum PON setelah pada pelaksanaan PON Riau 2012 hanya berada di posisi ketiga di bawah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Persaingan memang semakin ketat, tapi kita tetap harus yakin bahwa perjuangan atlet-atlet selama ini dapat menghasilkan yang terbaik untuk Jawa Timur," ucap mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor tersebut.

Tak lupa Gus Ipul juga menyampaikan kepada pengurus agar lebih peduli terhadap atlet, terutama saat bertanding, dengan hadir langsung di tengah arena memberikan dukungan nyata.

"Atlet akan termotivasi dan semangatnya semakin bertambah jika ada pengurus KONI yang menyaksikan langsung di lapangan. Suntikan semangat inilah yang menjadi modal dan harapan untuk menang," katanya.

Ketika disinggung terkait bonus yang didapat atlet jika meraih medali, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut memastikan bonus tetap ada dan menjadi perhatian serius Pemprov Jatim.

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan Gubernur Jatim Soekarwo membahas hal tersebut dan meminta atlet maupun jajaran pelatih tidak perlu mengkhawatirkannya.

"Kemarin, Pak Gubernur berbicara, kalau bonus tidak masuk dalam APBD sekarang dan dimasukkan ke APBD tahun depan. Tapi yang pasti diusahakan tetap ada bonus," kata salah seorang Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Jatim Muhammad Nabil mengapresiasi kehadiran Gus Ipul yang memotivasi pengurus dan kontingen menghadapi PON bulan depan.

"Dukungan dari pemerintah sangat berarti dan tentunya ini memberi suntikan semangat bagi semuanya, baik pengurus, manajemen, pelatih, atlet dan kontingen pada umumnya. Semoga Jatim mampu memberi hasil terbaik," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016