Rio de Janeiro (ANTARA News) - Ratu balap sepeda asal Jerman Kristina Vogel merebut emas pada nomor sprint perseorangan putri kendati sadelnya sempat copot, sedangkan jagoan Inggris Jason Kenny meraih emas dari nomor keirin putra untuk merebut emas keenam Olimpiade yang menyamai prestasi legenda balap sepeda Chris Hoy

Sempat jatuh beberapa meter sebelum finis, Vogel yang mengayuh sepedanya dalam kecepatan 60 km per jam, akhirnya yang pertama menyentuh garis finis untuk kemudian merayakannya secara emosional.

"Ini gila. Adalah perjuangan keras untuk tidak tumbang. Saya hanya berusaha untuk tidak jatuh karena pada kecepatan itu Anda tak bisa berdiri di atas pedal yang harus Anda duduki," kata Vogel.

Di belakang Vogel, Rebecca James dari Inggris merebut medali perak, sedangkan atlet Inggris lainnya Katy Marchant meraih perunggu setelah berpacu mengalahkan juara dunia nomor keirin putri Elis Ligtlee dari Belanda.

Pada nomor keirin putra, Jason Kenny menyamai rekor enam emas Olimpiade pada cabang balap sepeda yang dicetak Chris Hoy.

Sempat mengawali lomba dengan lambat, Kenny melesat untuk finis pertama. Ini adalah emas ketiganya di Olimpiade Rio setelah menang pada sprint tim dan sprint perseorangan.

Setelah dikalungi emas, Kenny memeluk tunangannya yang juga peraih medali emas Olimpiade Laura Trott yang menangis di tengah trek. Sedangkan dari balkon penonton, Chris Hoy bersorak menyambut pencapaian Kenny.

"Seperti mimpi rasanya. Saya kira saya lelah. Saya hanya mengalir saja," kata Kenny. "Adalah soal mental selevel dengan Chris. Saya ada di Beijing ketika dia memenangkan emas ketiganya, jadi datang ke sini dan berbuat yang sama dengannya adalah sungguh menakjubkan."

Matthijs Buchli dari Belanda mendapat medali perak dari nomor ini, sedangkan pebalap Malaysia kebagian medali perunggu, demikian Reuters.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016