Melihat nasionalisme Gloria, keinginannya, kecintaannya, dan juga kalau lihat bagaimana akhirnya kemudian dia tetap berharap
Jakarta (ANTARA News) - Gloria Natapraja Hamel, Paskibraka asal Jawa Barat yang sempat tidak dikukuhkan Presiden Jokowi karena memiliki paspor Prancis, akhirnya diizinkan bertugas menurunkan bendera karena dinilai berjiwa nasionalis.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, menjelaskan alasan Presiden memberikan izin bagi Gloria untuk turut bertugas dalam Tim Bima Paskibraka, yakni setelah mempertimbangkan rasa nasionalisme yang ditunjukkan Gloria.

Melalui surat yang ditulisnya, Gloria menyatakan dia memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

"Melihat nasionalisme Gloria, keinginannya, kecintaannya, dan juga kalau lihat bagaimana akhirnya kemudian dia tetap berharap. Menurut saya karena ini masih anak yang tumbuh dan negara juga memberikan ruang untuk itu," katanya di Kompleks Istana Merdeka.

Kegembiraan langsung menghinggapi Gloria setelah sebelumnya hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya menjalankan tugas, kini ia diizinkan ikut bergabung dalam Tim Bima Paskibraka untuk menurunkan bendera merah putih di Istana Merdeka.

Usai peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu 17 Agustus 2016, Gloria bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Merdeka. Keduanya memberitahu Gloria bahwa sore nanti dia dapat bergabung dengan rekan-rekan lainnya.

"Bangga banget, ahirnya perjuangan kita membuahkan hasil yang baik," ujar Gloria yang ditemui para jurnalis usai pertemuan itu.


Baca Juga : Gloria, pusat perhatian Paskibraka di Istana Merdeka

Gloria menambahkan, dalam kesempatan tersebut selain memberikan izin untuk turut bertugas, Presiden Joko Widodo juga memberikan semangat kepadanya.

Kepada para jurnalis, dara kelahiran 1 Januari 2000 itu berpesan agar terus memelihara semangat dan bersabar. Baginya, ia akan memperoleh hasil terbaik dengan bersabar dan pantang menyerah.

"Jangan pernah patah semangat, pasti di balik semua kegagalan itu ada caranya kita bangkit lagi, itu yang paling penting. Dan untuk saat ini, jika orang bersabar, pasti dia akan mendapatkan yang terbaik," ucapnya.

Merespon kabar gembira itu. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang memang sebelumnya mengusahakan Gloria agar dapat bergabung dalam tim Paskibraka bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Baca Juga : Gloria akhirnya ditugaskan turunkan Merah Putih sore nanti

"Terima kasih Pak Presiden @jokowi Pak Wapres @Pak_JK yg telah mengizinkan Gloria bergabung sore ini di Paskibraka," cuitnya dalam Twitter.

Di Wisma Negara, Imam Nahrawi secara langsung menjelaskan Gloria telah mendapatkan izin dari Presiden dan Wapres.

"Tentu kita izin Presiden, dan tadi bersama Wapres disampaikan silakan Gloria bergabung nanti sore, karena melihat statementnya sikapnya, sekaligus komitmennya bahwa tidak ada keraguan sedikit pun didirinya. Cinta tanah air dan bangsa sehingga jadi motivasi kita semua. Kita berterima kasih pada Presiden dan Wapres untuk beri izin," katanya.

Menurut dia, Gloria tidak perlu lagi diragukan nasionalisme yang menjadi pekerjaan rumah saat ini hanya urusan administrasi sebagai suatu bagian dari upaya penegakan hukum.


Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016