Jakarta (ANTARA News) - PT Pelindo IV (Persero) melakukan perbaikan 40 unit rumah milik veteran sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Bedah rumah milik veteran masing-masing 24 unit di Kalimantan Utara dan 16 unit di Maluku," kata Dirut Pelindo IV Doso Agung, usai menjadi inspektur upacara pada HUT ke-71 RI di Pelabuhan Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu.

Dalam siaran pers, Doso Agung menjelaskan, melalui program "BUMN Hadir Untuk Negeri", Pelindo IV bersama PT Semen Gresik (Persero) juga menyalurkan dana untuk penyediakan sarana air bersih, tempat penitipan anak di pasar tradisional, bantuan pembinaan narapidana, bantuan pembinaan atlet nasional, Siswa Menengah Nusantara.

"Peringatan HUT RI ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mengaktualisasikan cita-cita kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, banyak program untuk membantu atau meringankan beban rakyat Indonesia, khususnya di daerah perbatasan dan terluar seperti halnya yang dilakukan di Kalimantan Utara ini.

Adapun rangkaian kegiatan itu juga dimeriahkan dengan jalan sehat 5 Km yang diikuti ribuan peserta dan menggelar pasar murah sembako di beberapa lokasi.

"Testimoni masyarakat, bahwa kegiatan ini sangat membantu dan mengangkat taraf kehidupannya, sehingga mereka berterima kasih kepada Pemerintah dan BUMN sebagai penanggung jawab untuk mewujudkan peran nyata BUMN sebagai agent of Development di tengah kehidupan masyarakat," papar Doso Agung.

Keberadaan BUMN di tengah-tengah masyarakat menjadi jembatan dalam rangka mengakselerasi program-program Pemerintah yang berorientasi kepada kemakmuran masyarakat Indonesia.

"Kami selaku penanggung jawab program ini meminta masyarakat memanfaatkan bantuan ini seoptimal mungkin. Diharapkan dapat dimaknai sebagai persembahan bakti dan kerja nyata BUMN selaku agen pembangunan," ujarnya.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016