Congrats & thanks to Tontowi/Liliyana for the 1st gold medal for Indonesia at #Rio2016 olympics. best gift in independence day #RI71 #INA
Jakarta (ANTARA News) - Kantor berita Reuters menurunkan judul "Golden Independence Day for Indonesians" begitu ganda campuran Ahmad Tontowi dan Liliyana mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying untuk memenangkan medali emas Olimpiade Rio.

Menurut Reuters, sukses emas Tontowi-Liliyana adalah hadiah untuk Hari Kemerdekaan Indonesia yang memang terjadi tepat pada 17 Agustus.

Sementara itu dalam media sosial, khususnya Twitter, masyarakat dan pendukung Indonesia tumpah mengekspresikan kebanggaan dan kegembiraan mereka atas keberhasilan medali emas Indonesia pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, itu.

Seorang pemilik akun ‏@bramvera mengeluarkan cuitan enam jam lalu yang menumpahkan kebanggaan dia atas prestasi Tontowi-Liliyana.

Akun ini mencuit, "Proud of you Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir #RI71 #OwiButetBisaEmas #IndonesiaBisaEmas #badminton #TontowiLiliyana".

Sedangkan AIS Jakarta dalam akunnya ‏@AIS_JKT, menyelamati pasangan ganda campuran ini dengan menyebutnya sebagai hadiah terbesar bagi ulang tahun kemerdekaan Indonesia, lewat cuitan, "Congrats & thanks to Tontowi/Liliyana for the 1st gold medal for Indonesia at #Rio2016 olympics. best gift in independence day #RI71 #INA".

Sedangkan seseorang berakun ‏@teddykrunk37 mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Tontowi - Liliyana yang berhasil mempertahankan tradisi emas Olimpiade dari bulu tangkis.

Tak hanya itu, dia juga menguraikan prestasi-prestasi istimewa pasangan ganda campuran Indonesia itu, mulai dari juara All England 2012, 2013 dan 2014, SEA Games 2011, Juara Asia 2015, juara dunia 2013, dan kemudian disempurnakan dengan juara Olimpiade 2016.

Lain halnya dengan Putra Tegar dalam akun ‏@putrategar. Pemilik akun ini mencuit, "Maaf Malaysia, mimpi kalian kembali gagal. Tontowi/Liliyana kami sedang pada penampilan terbaiknya."

Selamat untuk Tontowi-Liliyana juga datang dari pendukung yang sepertinya berasal dari Malaysia. Salah satunya pemilik akun ‏@mhmdizvn yang mengharapkan kedua pasangan ganda campuran bertemu kembali pada sebuah partai puncak nanti, "Congrats Indonesia, congrats Tontowi, Liliyana! You guys some tough badminton beasts, rematch someday ok."

Selamat dari Malaysia untuk Indonesia juga disampaikan pemilik akun ‏@Rakus69. "Bagus Peng Soon & Liu Ying, kami tidak akan pernah melupakan kalian. Tahniah (selamat) juga Tontowi & Liliyana."

Sedangkan pemilik akun ‏@carnauval menyatakan ini jelas merupakan hadiah terbaik untuk Kemerdekaan Indonesia dan Indonesia berhutang besar kepada Tontowi-Liliyana.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016