Jakarta (ANTARA News) - Sutradara film asal Kanada, Arthur Hiller, yang film sentimentalnya "Love Story" yang dibintangi Ali MacGraw dan Ryan O'Neal sangat populer pada 1970 dan menjadi salah satu film romantis paling populer sepanjang masa, meninggal dunia Rabu waktu AS dalam usia 92 tahun.

Menurut  Academy of Motion Pictures Arts and Sciences, Hiller yang juga sukses kerja bareng dengan dramawan Neil Simon dan Paddy Chayefsky, meninggal dunia karena sebab alami di Los Angeles.

Hiller adalah presiden Academy of Motion Pictures Arts and Sciences yang rutin menggelar acara anugerah Oscar, dari 1993 sampai 1997, dan menjadi anggota Dewan Sutradara badan film itu.

Presiden Academy of Motion Pictures Arts and Science Cheryl Boone Isaacs menyatakan organisasinya terpukul sekali atas kematian Hiller.

Hiller telah menyutradarai lebih dari 30 film dari 1957 sampai 2006 dari berbagai genre, mulai komedi, drama, perang, satir, sampai film musikal.

Dia mengantarkan lima aktor --O'Neal, MacGraw, George C. Scott, Maximilian Schell dan John Marley-- menjadi nominer Oscar.

Film-filmnya dinominasikan untuk 15 Oscar, namun hanya menang Oscar dua kali.

"Love Story" berkisah mengenai kisah cinta dua anak manusia berbeda strata antara Oliver (O'Neal) dan Jennifer (MacGraw). Film ini menjadi salah satu film paling dikenal pada era 1970-an, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016