United memberi kepada saya apa yang memang saya perlukan dalam perjalanan hidup ini."
London (ANTARA News) - Pemain sayap yang membela Portugal dan Valencia Nani tidak lupa berterima kasih kepada Alex Ferguson yang pernah membesut Manchester United (MU).

Nani berterima kasih kepada Ferguson dengan menyebut bahwa manajer gaek itu berperan menanamkan rasa kepercayaan diri kuat kepada seluruh pemain asuhannyai, termasuk kepada personel berpaspor Portugal tersebut.

Pemain berusia 29 tahun itu, yang membawa Portugal meraih gelar juara Piala Eropa 2016 itu, membela kubu Old Trafford dari 2007 sampai dengan 2015. Nani membawa Manchester United empat gelar juara Liga Inggris dan sekali gelar Liga Champions.

Pemain timnas Portugal itu memuji Ferguson yang merekrut dia dari Sporting Lisbon, sebagaimana dikutip dari laman Daily Mail.

"United memberi kepada saya apa yang memang saya perlukan dalam perjalanan hidup ini," kata Nani kepada harian Inggris The Guardian.

Ia menimpali, "Saya menganggap dia (Ferguson) sebagai ayah, yang dapat marah dan berteriak kepada anda dalam kesempatan apapun. Dia dapat memotivasi pemain dengan berkata, Ayolah, Nak!"

"Kali pertama saya merasa sulit, karena saya  tidak tahu cara dia memotivasi para pemain, tetapi ketika saya tahu, maka saya dapat belajar dari dia. Dengan cara dia seperti itu, kini saya punya mentalitas tangguh, yang banyak membantu saya selama ini," ujarnya.

Selain itu, ia menyatakan, "Ini yang menyebabkan saya dapat diturunkan dalam banyak laga secara rutin, teristimewa ketika United dibesut oleh Ferguson."

"Setiap pemain menjadi bagian penting bagi tim. Saya berkesempatan turun di sejumlah laga berskala besar. Saya turun di sejumlah laga final. Saya mampu tampil fantastis, dengan begitu saya termotivasi tampil hebat. Yah, inilah sepak bola," ujarnya.

Nani dikontrak klub Liga Spanyol, Valencia sejak Juli 2016 dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Nani dilego Fenerbahahce setelah mengukir sejumlah penampilan gemilang di musim sebelumnya di Liga Turki. Ia kemudian membawa Portugal keluar sebagai juara Eropa 2016.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016