Bengkulu (ANTARA News) - Dua kuntum bunga Rafflesia arnoldii mekar di dua lokasi kawasan hutan di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Sabtu mengatakan bunga rafflesia itu ditemukan kelompok masyarakat yang rutin memantau keberadaan bunga langka itu dalam hutan.

"Satu bunga berdiameter 75 centimeter dan satu lainnya berdiameter 55 centimeter," kata Sofian.

Bunga Rafflesia arnoldii yang mekar di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, tepatnya di Desa Taba Teret Kecamatan Taba Penanjung, berjarak 48 kilometer dari Kota Bengkulu.

Untuk menikmati keunikan bunga berwarna merah jingga itu pengunjung hanya perlu berjalan kaki sejauh 20 meter ke dalam hutan.

Sedangkan bunga Rafflesia arnoldii yang mekar di wilayah Kabupaten Kepahiang terdapat di kawsan Hutan Lindung Bukit Daun yang berbatasan dengan Desa Tebat Monok, sekitar 54 kilometer dari Kota Bengkulu.

Gerhana, warga yang menemukan bunga langka itu mengatakan hanya perlu berjalan 15 menit ke dalam hutan untuk menikmati kecantikan bunga rafflesia yang menjadi ikon Bengkulu.

"Bunga rafflesia yang mekar hari ini bisa dinikmati hingga empat hari ke depan," kata dia.

Para pengunjung kata dia tidak dipungut biaya untuk melihat bunga itu namun pihaknya menyediakan kotak sumbangan yang diperuntukkan untuk menjaga habitat bunga tersebut.

Bunga Rafflesia arnoldii merupakan satu dari empat jenis rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu.

Selain jenis arnoldii, tiga jenis rafflesia lainnya yang tumbuh di hutan Bengkulu yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016