Barcelona (ANTARA News) - Selamat datang kembali Liga Spanyol. Tiba kembali siap menghibur dan memaknai sukacita bagi mereka yang menggenggam erat kredo Latin klasik, ante victoriam ne canas triumphum, yang artinya sebelum mencapai kemenangan jangan dulu menyanyikan kemenangan.

Setelah meraih gelar juara Super Champions pada awal pekan ini, Barcelona siap menjamu Real Betis di ajang Liga Spanyol (La Liga) musim kompetisi 2016/17 yang digelar di Camp Nou, Barcelona pada Sabtu, atau Sabtu malam, pukul 23.15 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV dan beIN Sport 2.

Barcelona mengalami krisis kecil di lini pertahanan dengan absennya Andres Iniesta dan Jeremy Mathieu.

Selain itu, ada ironi bahwa tujuh pemain bakal tidak tampil di Camp Nou, yakni Iniesta, Mathieu, Mascherano dan Ter Stegen yang masih dibekap cedera.

André Gomes masih terkena suspensi karena akumulasi kartu kuning ketika melawan Valencia, sementara Neymar dan Rafinha masih berlaga di ajang Olimpiade 2016 pada Sabtu pekan ini.

Di bawah mistar gawang Barcelona, Claudio Bravo siap turun menggantikan posisi Marc-Andre ter Stegen yang masih belum pulih dari cedera. Rumor juga berhembus menerpa Ter Stegen yang dikabarkan bakal hengkang ke Manchester City.

Jordi Alba pulih dari sakit perut setelah turun bertanding selama 30 menit ketika Barcelona menang 3-0 atas Sevilla di ajang Supercopa pada Rabu malam pekan ini. Samuel Umtiti dan Denis Suarez siap menggantikan posisi Jeremy Mathieu, Andres Iniesta dan Javier Mascherano.

Di kubu Real Betis, Aissa Mandi akan menempati posisi sebagai bek tengah. Ia siap berkongsi dengan Bruno. Di sini pelatih Gus Poyet mengandalkan tiga bek tengah sebagai palang hadang serangan lawan.

Di lini tengah, Poyet memberi peran Felipe Gutierrez sebagai pemain jangkar, dengan didukung pergerakan kreatif dari Dani Ceballos, Joaquin dan Charly Musonda.
 
Komentar manajer:

* Luis Enrique (Barcelona):

"Kami termotivasi meraih gelar liga di musim ini untuk kali ketiga. Ini semua demi meraih prestasi yang dapat tercatat dalam sejarah perjalanan klub. Kami mengawali musim ini sebagai tim favorit karena kami keluar sebagai juara musim lalu."

"Kami berusaha meraih poin dalam laga perdana di musim ini. Bukan tidak mungkin ada senantiasa ada kejutan, dengan begitu kita harus menunggu dan melihat hasil laga.:

"Tujuan kami keluar sebagai juara (liga) untuk kali ketiga secara berturut-turut. Ini yang memotivasi kami, memski banyak klub yang juga dapat meraih gelar. Saya yakin mereka siap tampil menekan ketika menghadapi kami." .

* Gus Poyet (Real Betis):
"Banyak orang mengatakan lebih baik melawan Barcelona untuk laga perdana di musim ini. Setiap orang berharap punya formula ajaib untuk meraih kemenangan di stadion tim tuan rumah, meski tidak mudah juga mewujudkannya."

"Kami yakin bahwa kami mampu tampil gemilang ketika melawan mereka. Kami tidak boleh memaafkan diri dan siap berjuang. Kami bertekad meraih kemenangan di laga perdana ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):

Bravo (penjaga gawang), Digne, Mascherano, Pique, Roberto, D. Suarez, Busquets, Rakitic, Munir, L. Suarez, Messi

* Real Betis (4-4-2):
Gimenez (penjaga gawang), Maryinez, Pezzella, Gonzalezm Vargas, Joaquin, Martin, Musonda, Ceballos, Sanabria, Castro   
 
Data dan fakta (Opta Facts):

* Juara Liga Spanyol musim lalu akan bertanding di kandang di awal musim ini. Barcelona belum pernah kalah di laga pembuka Liga Spanyol sejak 1939.
* De facto, Barcelona menikmati lima kemenangan berturut-turut di Camp Nou dalam laga pembuka ajang Liga Spanyol.   
* Betis menelan kekalahan terakhir di laga tandang ajang Liga spanyol, 2-1 ketika melawan Real Madrid pada 2013/14.
* Betis menjadi tim yang belum pernah meraih kemenangan dalam 22 laga di Camp Nou (dua imbang, 20 kalah). Kemenangan yang terakhir dengan skor 3-1 pada 1980.
* Betis mengakhiri musim lalu di ajang Liga spanyol dengan lima laga tanpa pernah meraih kemenangan (dua imbang, tiga kalah). Kemenangan mereka yang terakhir di laha kandang di Barcelona, 3-0 melawan Espanyol.     
* Barcelona keluar sebagai juara Liga Spanyol musim 2015/16  dengan mengoleksi 91 poin. Ini capaian poin terendah terhitung sejak musim 2008/09. Di bawah arahan manajer Pep Guardiola, mereka mampu mengoleksi 87 poin.
* Ruben Castro berperan sebanyak 67,65 persen dalam 34 gol yang dikoleksi Betis di ajang Liga Spanyol musim lalu (23 laga, 19 gol dan 4 assists).    
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)
 
* Barcelona: W W L W W


18/08/16 Barcelona 3 - 0 Sevilla
15/08/16 Sevilla 0 - 2 Barcelona
06/08/16 Liverpool 4 - 0 Barcelona
03/08/16 Barcelona 4 - 2 Leicester City
30/07/16 Barcelona 3 - 1 Celtic

* Real Betis: L W D W W

06/08/16 Montpellier 3 - 0 Real Betis
05/08/16 Sporting Portugal 2 - 3 Real Betis
30/07/16 Everton 1 - 1 Real Betis
29/07/16 Werder Bremen 0 - 1 Real Betis
23/07/16 Real Betis 2 - 1 Fulham

Head To Head:
 
01/05/16 Real Betis 0 - 2 Barcelona
31/12/15 Barcelona 4 - 0 Real Betis
05/04/14 Barcelona 3 - 1 Real Betis
11/11/13 Real Betis 1 - 4 Barcelona
06/05/13 Barcelona 4 - 2 Real Betis

Prediksi laga (Goal.com):

* Barcelona 4 - 0 Real Betis
* Barcelona 3 - 0 Real Betis
* Barcelona 0 - 4 Real Betis
    
Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Lionel Messi (60 persen)
2.Luis Suárez (26,67 persen)
3.Rubén Castro (6,67 persen)
4.Samuel Umtiti (6,67 persen)
     
Prediksi laga:

* Real Betis perlu melipatgandakan kekuatan dan daya terjang sebagai tim, mengingat lawan yang dihadapi justru Barcelona. Peran Ruben Castro diharapkan lebih ofensif agar daya gempur pasukan asuhan Poyet menggetarkan nyali pertahanan lawan.
* Barcelona menelan pil ekstra mendongkrak semangat bertanding dengan menang agregat 5-0 atas Sevilla di ajang Piala Super Spanyol. Apakah Luis Enrique akan menurunkan pemain lapis kedua dengan mengistirahatkan pemain-pemain inti?
* Luis Suarez siap bertanding setelah absen dalam laga terakhir Blaugrana. Ia berpengalaman mengalahkan Betis di musim lalu dengan meraih skor kemenangan 2-0 dan 4-0.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Barcelona: 3
* Real Betis: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016