Bagaimana saya bisa gembira dengan hal ini?"
London (ANTARA News) - Liverpool dikejutkan oleh tim promosi Burnley yang menang 2-0 saat menjamu Si Merah di Liga Inggris pada Sabtu, sedangkan Chelsea bangkit dari ketinggalan untuk menang 2-1 di markas Watford berkat gol-gol dari Michy Batshuayi dan Diego Costa.

Di tempat lain, Sergio Aguero dan Nolito masing-masing mengemas dua gol ketika Manchester City menang 4-1 atas tuan rumah Stoke City untuk memberi kemenangan beruntun kedua bagi pasukan Pep Guardiola, sedangkan juara bertahan Leicester City ditahan imbang 0-0 oleh tamunya Arsenal.

Sam Vokes dan Andre Gray mencetak gol pada babak pertama untuk membawa Burnley menang atas Liverpool, yang bermain di bawah bayang-bayang tim yang menang 4-3 atas Arsenal pada pertandingan pembukaan musim akhir pekan silam.

"Bagaimana saya bisa gembira dengan hal ini?" kata manajer Liverpool Juergen Klopp. "Semua orang perlu untuk lebih tajam."

Ia menimpali, "Burnley layak untuk menang dengan penampilan yang sangat berhasrat. Kami harus berkata ini tidak cukup pada hari ini."

Vokes mencetak gol melalui tembakannya pada menit kedua, sebelum Gray mencatatkan gol perdananya di kompetisi strata tertinggi dengan sepakan mendatar dari jarak 18 meter.

Etienne Capoue membawa Watford memimpin pada menit ke-55 saat melawan Chelsea, setelah melepaskan tembakan ke sudut gawang.

Pemain pengganti Batshuayi menyamakan kedudukan pada menit ke-80 melalui gol pertamanya untuk klub sebelum Costa, yang mencetak gol larut penentu kemenangan saat melawan West Ham United pada Senin, dengan tenang menyelesaikan peluang tiga menit sebelum pertandingan usai setelah mendapat operan dari pemain pengganti lainnya, Cesc Fabregas.

"Saya senang meihat reaksi dari para pemain saya," kata manajer Chelsea Antonio Conte. "Kemenangan ini sangat penting bagi kami sebab ini memberi kepercayaan diri kepada setiap orang."

Manchester City untuk sementara dapat berpuas diri dengan kemenangan 4-1 di markas Stoke.

Pelanggaran Shawcross

Aguero, yang dua kali gagal mengeksekusi penalti saat City menang 5-0 di playoff Liga Champions melawan Steaua Bucharest pada Selasa, membuka gol dari titik putih pada menit ke-27 setelah Ryan Shacross melanggar Nicolas Otamendi.

Penyerang Argentina itu menggandakan keunggulan timnya sembilan menit kemudian, menyusup ke depan Glenn Whelan untuk menyambut tendangan bebas Kevin De Bruyne dan melepakan tandukan melewati Shay Given dan menuju sudut jauh gawang.

Stoke mencoba bangkit ketika penyerang asal Spanyol Bojan menaklukkan kiper Willy Caballero dari titik putih, namun pemain pengganti Nolito mencetak dua gol larut bagi Manchester City.

"Saya benar-benar terpukau dengan para pemain sebagai manusia dan dengan penampilan mereka," kata Guardiola.

Leicester dibuat geram setelah dua permohonan penalti mereka tidak dikabulkan saat melawan Arsenal.

Pertandingan di babak pertama baru berlangsung menarik pada menit-menit terakhir ketika Danny Drinkwater dijatuhkan Laurent Koscielny, namun wasit Mark Clattenburg mengabaikan permohonan penalti dari Jamie Vardy dan Riyad Mahrez, memicu cemoohan dari para penggemar tuan rumah.

Pemain pengganti Ahmed Musa kemudian dijatuhkan Hector Bellerin pada menit ke-88 ketika Leicester melakukan serangan balik cepat membuat Arsenal berada di bawah tekanan, namun Clattenburg kembali tidak mengabulkan permohonan penalti.

"Saya tidak ingin berbicara mengenai keputusan-keputusan (wasit)," kata manajer City Claudio Ranieri. "Para manajer melakukan kesalahan, para wasit melakukan kesalahan, para pemain melakukan kesalahan."

Victor Wanyama mengemas gol pada menit ke-83 ketika Tottenham Hotspur menang 1-0 atas Crystal Palace, sedangkan Everton menang 2-1 di markas West Bromwich Albion.

Hull City menjadi tim promosi pertama sejak Bolton Wanderers pada 2001, yang memenangi dua pertandingan pembukaan ketika mereka menang 2-0 di kandang Swansea City.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016