Ini akan mendukung ribuan pekerja yang harus melakukan perjalanan menuju atau selesai bekerja di malam hari."
London (ANTARA News) - Perusahaan jaringan rel bawah tanah tertua di dunia mengambil langkah besar menuju masa depan mulai akhir pekan lalu, ketika "kereta tabung" beroperasi di London, Inggris, sepanjang malam Jumat dan Sabtu, setelah bertahun-tahun pengerjaan konstruksi dan mengalami penundaan.

"Ini akan mendukung ribuan pekerja yang harus melakukan perjalanan menuju atau selesai bekerja di malam hari. Ini akan memberikan manfaat ekonomi yang besar pada malam, waktu penting kami, dan akan membantu warga London pulang cepat dan aman setelah keluar malam," kata Walikota London Sadiq Khan.

Kereta itu melayani penumpang sampai 05.30 di pagi hari, dan wisatawan di Ibu Kota Inggris telah lama dijanjikan layanan semacam itu. Namun, proyek pembangunannya sempat terhenti terkait gugatan buruh mencari upah dan kondisi yang lebih baik dengan imbalan jam kerja di luar kebiasaan umum.

Setelah kesepakatan akhirnya tercapai, sarana transportasi yang disebut tabung malam itu akan berjalan antara utara dan selatan London dan dari timur ke barat. Nantinya akan ada tiga jalur lanjut, termasuk ke Bandara Heathrow.

Skema manajemen transportasi itu diatur untuk meningkatkan perekonomian London mencapai nilai sekira 77 juta poundsterling per tahun, demikian laporan Reuters.

Walikota Khan menilai, sarana tersebut juga sangat bermanfaat bagi pekerja dan pengunjung mendukung klub malam dan bar di London.

Hal semacam itu sudah berlangsung lama di sejumlah kota besar dunia, seperti kereta bawah tanah di New York, Amerika Serikat (AS), beroperasi sepanjang malam  maupun transportasi Metro Paris, Prancis, tetap beroperasi hingga akhir pekan.

Setelah layanan penuh di London, maka 100 polisi dilibatkan untuk mengamankan sistem jaringan transportasi itu mengingat Inggris berada tingkat kedua tertinggi dari peringatan gangguan keamanan.

London tercatat sebagai salah satu kota yang "parah", yang berarti serangan dianggap sangat mungkin, meskipun tidak dekat.

Inggris pertama kali memiliki layanan kereta api bawah tanah untuk rutei antara Paddington dan Farringdon sebagai kawasan jalan di pusat kota London pada 10 Januari 1863. Sekarang kereta tabung, yang bersimbol roundel merah, melaju ke pinggiran kota London dan sekitarnya.

Kapasitas penumpang kereta di Inggris tercatat membawa lebih dari 1,3 miliar penumpang per tahun.

Pewarta: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016