Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kapten Brasil Neymar berurai air mata setelah mengantarkan Brasil memenangi medali emas perdana dari cabang sepak bola, melalui kemenangan adu penalti 5-4 atas Jerman pada final di Stadion Maracana pada Sabtu waktu setempat.

Pertandingan itu berakhir 1-1 setelah perpanjangan waktu. Neymar membawa Brasil memimpin dengan tendangan bebas pada menit ke-27 sebelum kapten Jerman Maximilian Meyer menyamakan kedudukan melalui sepakannya pada menit ke-60 untuk memaksakan perpanjangan waktu.

Tidak ada gol tercipta pada masa perpanjangan waktu maka pertandingan diteruskan dengan adu penalti. Pemain Jerman Nils Petersen menjadi eksekutor pertama yang gagal pada tendangan penalti kelima. Sementara Neymar dengan tendangannya menunaikan tugas untuk membawa Brasil menjadi juara dan membuat para penonton bersuka cita.

Brasil telah tiga kali kalah di final Olimpiade pada 1984, 1988, dan 2012 namun mereka kini telah mengoleksi semua gelar internasional dengan mengalahkan negara yang mempermalukan mereka dengan skor 1-7 pada semifinal Piala Dunia di negara sendiri pada 2014.

Jerman kini menjadi satu-satunya juara Piala Dunia yang belum pernah memenangi medali emas Olimpiade, demikian Reuters.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016