Rio de Janeiro (ANTARA News) - LaShawn Merritt mengantarkan Amerika Serikat merebut kembali predikat juara estafet 4x400m putra dan sekaligus memenangkan medali emas ketiga tim putra AS pada Olimpiade Rio pada nomor atletik terakhir dalam Olimpiade ini, Sabtu waktu Brasil.

Sebelum Matthew Centrowitz menang mengejutkan pada nomor 1.500 meter, tim putra AS hanya mendapatkan emas dari Kerron Clement lewat 400 meter halang rintang.

Setelah dikalahkan Bahamas pada Olimpiade London empat tahun silam, tim estafer 4x400 putra AS memastikan gelar juara nomor ini untuk ke-17 kalinya.

Arman Hall, Tony McQuay dan Gil Roberts menjadi tiga pelari pertama AS sebelum disudahi Merritt dengan selisih satu meter di depan lawan terdekatnya untuk mencatat waktu terbaik 2 menit 57,30 detik.

Javon Francis berlari untuk Jamaika sebagai pelari keempat untuk membawa timnya meraih perak dengan waktu 2 menit 58,16 detik, sedangkan Bahamas merebut medali perak dengan catatan waktu 2 menit 58,49 detik.

Chris Brown memimpin Bahamas mendapatkan medali keempat Olimpiade dari nomor ini setelah medali emas pada Olimpiade 2012, perak pada 2008 dan perunggu pada Olimpiade 2000 di Sydney, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016