Solo (ANTARA News) - Tuan rumah Persija Jakarta tidak bisa memenuhi ambisinya meraih tiga poin setelah dipermalukan tamunya PSM Makassar dengan skor 0-1 pada kompetisi lanjutan Torabika Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, di Stadion Manahan Kota Solo, Jateng, Minggu.

Persija yang menjamu PSM Makassar yang disaksikan sekitar lima ribuan penonton berjalan cukup imbang, dan kedua kesebelasan saling menyerang untuk bisa memenangkan pertandingan.

Persija pada babak pertama langsung melakukan tekanan untuk membuka peluang ke pertahanan PSM. Andritany dan kawan-kawan mendapat peluang menit 17 melalui sundulan kepala oleh Abdiza Umanailo, tetapi bola berhasil diblok kiper PSM, Syaiful, dan selamatlah gawang tim tamu.

Persija yang melakukan tekanan ke pertahanan PSM kembali mendapat peluang menit 22 melalui tendanag Racmad Afandi, tetapi bola mampu ditangkap kiper Syaiful yang bermain cekatan. Selamatlah gawang PSM dan belum mengubah kedudukan tetap 0-0.

Sebaliknya, PSM mendapatkan peluang emas menit 21 melalui pemain gelandang Samsul Bachri, tetapi sayang bolanya membentur gawang dan memantul keluar. Kedudukan imbang 0-0 ini, bertahana hingga babak pertama usai.

Persija memasuki babak kedua masih konsisyen terus melakukan tekanan ke daerah PSM, dan sebaliknya PSM kelihatan mengubah strategi dengan melakukan serangan balik cepat yang juga sering membahayakan gawang Andritany.

Persija mendapat peluang menit 60 melalui tendangan Rizki Ramdani yang tinggal berhadapan dengan kiper PSM, Syaiful, tetapi bola dapat diantisipasi penjaga gawang, sehingga belum belum mengubah kedudukan tetap imbang 0-0.

Persija justru lebih daluhu kebobolan gawangnya menit 74 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan pemain pengganti PSM Maldini Pali. Maldini yang menggantikan Ridwan Tawainela ini, tendangannya arah bola melengkung masuk ke gawang Andritany, sehingga mengubah kedudukan menjadi 0-1 untuk PSM.

Persija yang ketinggalan 0-1 atas PSM terus melakukan tekanan di menit-menit akhir hingga kiper PSM, Syaiful harus bekerja keras untujk menyelamatkan gawangnya.

Persija mendapat peluang melalui tendangan bola mati yang dilakukan Bambang Pamungkas injury time, tetapi bolanya yang mengarah sudut gawang PSM, mampu diblok kiper Syaiful, sehingga selamatlah gawang Makassar hingga babak kedua berakhir kedudukan tetap 0-1.

Wasit yang memimpin pertandingan Persija dan PSM, Iawan Sukoco asal Malang, mengeluarkan enam kartu kuning untuk Hendra Wijaya, valentino telaubun, Rizky Ahmad Sanjaya, Maldini Pali (PSM), Abdizal Umanailo, dan Amarzukih (Persija).

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016