Tentu saja saya kecewa, namun tetap saja ia memainkan pertandingan bagus dan turnamen hebat, dan layak untuk menang
Washington (ANTARA News) - Karolina Pliskova memenangi gelar terbesarnya sekaligus menggagalkan upaya Angelique Kerber menghuni peringkat satu dunia, melalui kemenangan 6-3, 6-1 di final Western & Southern Open di Cincinnatti pada Minggu.

Unggulan ke-15 asal Ceko itu meraih gelar keenam sepanjang kariernya dan yang kedua pada tahun ini, menyusul kemenangan di Nottingham, dengan dominasi sepenuhnya atas unggulan kedua Kerber.

Pliskova, yang memimpin Tur WTA dalam ace, menghasilkan tujuh ace, dengan ace terakhirnya mengamankan kemenangan atas petenis Jerman 28 tahun itu, yang kali ini tidak mampu berbuat banyak.

"Tentu saja saya kecewa, namun tetap saja ia memainkan pertandingan bagus dan turnamen hebat, dan layak untuk menang," kata Kerber kepada ESPN.

Kerber, yang membuat 32 kesalahan sendiri, sebagian besar akibat dari pukulan forehand-nya, berada di podium pada Minggu lalu untuk menerima medali perak setelah kalah dari petenis Puerto Rico Monica Puig pada final putri di Olimpiade Rio.

"Saya benar-benar lelah," ucapnya. "Saya memainkan pertandingan ke-11 dalam 13 atau 14 hari. Saya benar-benar menikmati pekan ini. Saya benar-benar mengupayakan yang terbaik pada hari ini, namun terkadang Anda memiliki sejumlah hari di mana beberapa hal tidak berjalan lancar."

"Saya akan berusaha untuk mendapatkan kesempatan lain, tampil segar menuju AS Terbuka," ucapnya mengenai turnamen Grand Slam terakhir tahun ini, di mana ia akan kembali memiliki peluang untuk melengserkan Williams.

Kerber terlihat kurang maksimal sejak awal, sedangkan Pliskova terlihat nyaman dan dengan cepat menemukan iramanya dengan pukulan forehand kerasnya.

Serve petenis Jerman itu dipatahkan pada game pertama pada kedudukan love, dan kehilangan servis berikutnya saat tertinggal 0-4. Kerber berusaha mengejar 3-4 setelah service break pada game keenam, namun Pliskova memenangi dua game selanjutnya untuk mengakhiri set.

Pliskova (24) kembali mematahkan servis Kerber pada game kedua set kedua, dan mendominasi sepanjang sisa pertandingan.

Ini merupakan kemenangan di turnamen utama untuk pertama kalinya bagi petenis jangkung Ceko tersebut, yang tanpa sungkan memeluk pelatihnya setelah pertandingan.

"Angie memainkan pekan yang mengagumkan dan menurut saya sepanjang tahun ia melakukan pekerjaan hebat," kata Pliskova pada presentasi trofi setelah mencatatkan 24 pukulan kemenangan berbanding 16 kesalahan dan menggagalkan empat dari lima break point yang ia hadapi.

"Saya tahu ia bermain untuk menjadi petenis peringkat satu dunia. Menurut saya Anda layak menjadi nomor satu," tambahnya seperti dikutip Reuters. "Mungkin pada lain waktu."

Hasil ini membuat Serena Williams memperpanjang dominasinya di posisi teratas petenis putri menjadi 184 pekan secara beruntun, terpaut dua pekan untuk menyamai rekor sepanjang masa milik Steffi Graf.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016