Ada dua Polda yang mengalami peningkatan menjadi tipe A, yakni Polda Kalbar dan Polda Sulawesi Utara
Pontianak (ANTARA News) - Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen (Pol) Dwi Priyatno menyatakan, dalam waktu dekat di lingkungan Polda Kalbar akan dilakukan penambahan dua Polres baru, seiring dengan peningkatan tipe dari tipe B ke A.

"Akan ada penambahan dua Polres, yakni di Kabupaten Kubu Raya dan Kayong Utara, yang saat ini sudah kami ajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," kata Dwi Priyatno seusai meresmikan peningkatan status Polda Kalbar dari tipe B ke A di Pontianak, Senin.

Menurut dia, dengan akan adanya penambahan Polres baru tersebut, nantinya akan ada rekrutmen baru dan tentunya ada personel dari jajaran Polda Kalbar yang digeser ke Polres tersebut.

Sementara itu, menurut dia, kenaikan tipe A Polda Kalbar ini sudah sesuai dengan tingkat gangguan Kamtibmas, luas wilayah dan termasuk Polda yang memiliki perbatasan darat dengan negara tetangga.

Dengan kenaikan tipe tersebut, maka akan dibarengi dengan penambahan personel polisi, baik secara kuantitas dan kualitas.  Saat ini terdapat sekitar 10 ribu personel, yang tersebar di 11 Polres dan satu Polresta Pontianak.

"Ada dua Polda yang mengalami peningkatan menjadi tipe A, yakni Polda Kalbar dan Polda Sulawesi Utara," ujarnya.

Ia berharap dengan peningkatan tipe tersebut, kinerja Polda Kalbar meningkat, dan situasi Kamtibmas juga kondusif sehingga bisa menunjang kelancaran pembangunan di segala bidang di daerah-daerah yang ada di Kalbar.

"Untuk penambahan personel polisi hingga saat ini masih dilakukan penghitungan, karena meskipun sama tipe, tetapi kebutuhan personel antara Polda Kalbar dan Polda Sulawesi Utara misalnya akan berbeda, karena akan disesuaikan dengan jumlah Polres dan luas wilayah," katanya.

Dengan peningkatan status tersebut, sebelumnya Kapolda Kalbar Brigjen Polisi Musyafak telah naik pangkat menjadi Irjen, kemudian kenaikan pangkat juga diikuti Wakapolda Kalbar Joko Iriyanto dari sebelumnya Kombes Pol menjadi Brigjen Pol.

Selain itu, ada 13 perwira tinggi lainnya yang juga mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.

Pewarta: Andilala
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016