Batam (ANTARA News) - Embarkasi Hang Nadim Batam telah memberangkatkan seluruh jemaah calon haji yang tergabung dalam gelombang satu--asal Provinsi Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat--ke Madinah, Arab Saudi.

"Gelombang satu sudah selesai, besok kami mulai gelombang dua," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi, di Kota Batam, Senin.

Seluruh jemaah calon haji gelombang satu yang sudah diberangkatkan 6.264 orang.

Mulai Selasa (23/8), Embarkasi Batam mulai memberangkatkan gelombang dua yang langsung terbang ke Jeddah, Arab Saudi.

Sama dengan gelombang satu yang diterbangkan ke Madinah, seluruh jadwal penerbangan gelombang dua juga pagi, sekira pukul 9.30 WIB.

Hanya saja, perlu diwaspadai keterlambatan jadwal penerbangan, mengingat bandara di Jeddah sangat padat.

"Karena bandara internasional, jadi sibuk. Rata-rata pesawat biasanya mengalami keterlambatan, pengaruh slot time untuk landing. Tapi kami harapkan semua penerbangan lancar, tepat waktu," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan catatan Siskohaj, hingga kini tiga orang jemaah calon haji Embarkasi Batam meninggal di Tanah Suci dua orang, asal Indragiri Hilir, Riau dan seorang asal Sanggau, Kalimantan Barat.

Dua calon haji Indragiri Hilir yang meninggal yaitu Sukiman Bin Kariou Kromondiko (62) dan Sarjono Bin Muhammad Amin (61). Keduanya tergabung dalam Kloter 6.

Dan seorang dari Sanggau yaitu Muhammad Syahir Abdul Razak (68), yang tergabung dalam kloter 11.

Embarkasi Batam pada tahun ini memberangkatkan 8.911 JCH dari empat provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Pemberangkatan jemaah dibagi dalam 20 kelompok terbang yang mulai diberangkatkan pada Senin (9/8).

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016