Tulangbawang Barat (ANTARA News) - Kebakaran terjadi di Pasar Inpres Dayamurni Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat, Senin, menghanguskan sedikitnya enam kios milik pedagang di pasar ini.

Menurut para pedagang di Pasar Dayamurni itu, kebakaran dilaporkan terjadi pada Senin sekitar pukul 05.00 WIB.

Api berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran Tulangbawang Barat dikerahkan untuk memadamkan api yang sudah menjalar dan menghanguskan beberapa toko milik pedagang itu.

"Kejadiannya tadi pagi pukul 05.00 WIB, dan sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan ke lokasi berhasil menjinakkan si jago merah," ujar salah seorang petugas pemadam kebakaran yang diterjunkan ke pasar itu.

Berdasarkan keterangan seorang saksi mata, Yadi, api terlihat pertama kali di dalam toko mainan nomor 85 milik Anton alias Rama yang berada di pojok bagian belakang pasar milik Pemkab Tulangbawang Barat tersebut.

Setelah melihat api berkobar dan mulai merambat ke bagian dalam deretan toko lain yang sebagian besar masih dalam keadaan terkunci, warga segera menghubungi petugas pemadam kebakaran setempat untuk meminta bantuan mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang Barat.

Yadi yang dagangannya di belakang kios tersebut, mengaku setelah mengetahui adanya kebakaran langsung meminta bantuan petugas pemadam kebakaran.

Tak berselang lama petugas pemadam kebakaran dipimpin langsung Kepala BPBD Tulangbawang Barat Nur Budiman, hingga akhirnya petugas dibantu warga berhasil menjinakkan api yang telah menghanguskan 6 toko milik pedagang Pasar Inpres tersebut.

Sebanyak 6 kios beserta isinya ludes terbakar, yakni milik Anton nomor kios 85 pedagang mainan anak, kios nomor 350 milik Ani, nomor 368 atas nama Luluk, nomor 82 milik Iwan, nomor 81 milik Ujang, dan kios nomor 158 milik Haji Bukhori pedagang pakaian muslim dan alat-alat ibadah haji ikut habis terbakar.

Lima toko lain yang berhasil diselamatkan isi di dalamnya, namun mengalami kerusakan cukup parah di bagian atap, yakni toko milik Sudarmi nomor 107, Sudarto nomor 375, Hani nomor 247, Aripin nomor 109 dan Karyati pemilik kios nomor 168-106, ujar Nur Budiman pula.

Dia menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diduga mencapai ratusan juta rupiah.

Sedangkan penyebab kebakaran sampai saat ini masih belum diketahui. Petugas dari Polsek Tulangbawang Udik terlihat masih melakukan pemeriksaan di lokasi kebakaran itu.

Pewarta: Budisantoso B & Raharja
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016