Semarang (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit mulai beroperasi di kantor baru pada hari ini.

"Gedung baru yang terletak di Jalan Brigjen Sudiarto nomor 4 ini merupakan pindahan dari gedung lama yang beralamatkan di Jalan Arteri Soekarno-Hatta nomor 78," kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit Yosef Rizal di Semarang, Senin.

Pada hari pertama di kantor baru tersebut, terlihat puluhan masyarakat antri untuk mengurus kepesertaan mereka di BPJS Ketenagakerjaan.

"Memang kami sudah sosialisasi sejak masih beroperasi di kantor lama, jadi sudah banyak yang tahu mulai hari ini kami pindah ke kantor baru," katanya.

Yosef mengatakan kepindahan tersebut untuk mempermudah jangkauan peserta jika ingin ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

"Apalagi wilayah kerja kami kan Semarang Timur, Genuk, Pedurungan, Gayamsari, dan Demak. Jadi lebih dekat di sini," katanya.

Selain itu, di daerah tersebut juga terdapat banyak industri baik skala kecil maupun besar sehingga memudahkan BPJS Ketenagakerjaan untuk menjaring kepesertaan.

Diharapkan, dengan kepindahan tersebut semakin banyak perusahaan yang terbuka untuk mengikutkan para pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Pada dasarnya kami terus memberikan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan. Intinya kami menyampaikan bahwa penting bagi perusahaan untuk memberikan perlindungan kerja kepada pekerjanya," katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Majapahit sebanyak 96.420 untuk tenaga kerja formal dan 13.666 untuk tenaga kerja informal.

Sedangkan dari sisi jumlah perusahaan hingga bulan Juli lalu sudah mencapai 1.440 perusahaan.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016