Padang (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Padang, Sumatera Barat, menyosialisasikan program pelayanan kepada para kader dan penggerak dengan harapan dapat tersosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat.

"Sosialisasi yang mengusung tema "Jembatan Menuju Kesejahteraan Pekerja" ini diharapkan menambah pengetahuan dan wawasan para kader BPJS karena mereka yang selalu berada di tengah masyarakat," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Aland Lucy Patitty di Padang, Selasa.

Ia menambahkan, dalam sosialisasi ini ada sebanyak 25 kader yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat di Kota Padang. Materi sosialisasi diarahkan bagaimana agar para kader memahami prosedur mulai dari mendaftar di BPJS hingga menjadi peserta.

Jika sudah terdaftar, ujar dia, maka risiko kecelakaan kerja, hari tua, dan asuransi kematian juga ada, oleh sebab itu ia berharap seluruh tenaga kerja di Kota Padang akan menjadi peserta BPJS.

"Kami yakin kader ini adalah orang-orang yang peduli terhadap jaminan sosial masyarakat, khususnya dalam hal ketenagakerjaan, oleh sebab itu untuk membetuk kader-kader yang bagus harus dilakukan sosialisasi dan pelatihan yang berkesinambungan," lanjut dia.

Saat ini ada sekitar 84.000 peserta BPJS Ketenagakerjaan yang aktif di Kota Padang. Peserta aktif tersebut berasal dari seluruh pekerjaan, mulai dari karyawan hingga pedagang.

"Dengan sudah banyaknya peserta BPJS tersebut, semoga ke depannya semakin bertambah agar semakin banyak orang yang terlindungi," terangnya.

Sementara itu Pengawas Ketenagakejaan BPJS Ketenagakejaan Cabang Cabang, Yulita mengatakan dengan adanya kader akan dapat merangkul lebih banyak tenaga kerja di Kota Padang.

"Ketika kader sudah diberi pengetahuan akan banyak sekali manfaatnya, salah satunya dapat mengajak tenaga kerja untuk mendapat perlindungan dari kecelakaan kerja," katanya.

Ia berharap semakin hari tenaga kerja semakin sadar bahwa jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting untuk masa depan.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016