Jakarta (ANTARA News) - Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-5, Tiket.com berkomitmen mendorong pariwisata di Indonesia melalui pengembangan bisnis.

"Upaya kami untuk saat ini mengkoneksikan antara pesawat dan kereta api," kata Gaery Undarsa, Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com, di Jakarta, Selasa.

Sebagai contoh, Gaery menjelaskan, perjalanan Medan ke Tegal Tiket.com mulai menawarkan perjalanan dari pesawat udara yang dilanjutkan dengan kereta Api. "Ke depannya pengguna akan dapat langsung memilih perjalanan dari Medan ke Tegal," ujar dia.

Lebih lanjut, Gaery mengungkapkan, dalam lima tahun ini Bali, Surabaya, Medan, Jogjakarta dan Medan menjadi lima kota tujuan penerbangan terfavorit di Tiket.com.

Meski demikian, Tiket.com terus mendorong pariwisata. "Kami mulai memperkenalkan destinasi unik dengan menghadirkan promo Bangka Belitung misalnya," kata Gaery.

"Kami bukan berdasarkan destinasi lagi, tapi lebih hype-nya ke arah mana. Pelan-pelan ke tempat yang lebih spesifik, contohnya Danau Toba, karena Garuda Indonesia baru membuka perjalanan ke situ dan kami melihat ada demand-nya," lanjut dia.

Tidak hanya mendorong pariwisata dengan memperluas rute penerbangan Indonesia, Tiket.com juga berniat menjual lebih banyak tiket penerbangan rute luar negeri dengan menggandeng 30 maskapai penerbangan, diantaranya Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines dan Cathay Pacific.

"Yang tadinya tidak bisa pesan, sekarang sudah available step by step, untuk saat ini baru 10 maskapai. Dari segi teknis sudah siap, tapi 30 maskapai punya 30 peraturan pembatalan atau refund yang berbeda," ujar Gaery.

"Karena pola pembelian tiket internasional berbeda dengan lokal, untuk tiket internasional pengguna biasanya membeli tiket pulang pergi," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016