Jakarta (ANTARA News) - Atlet bulutangkis ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Owi/Butet) ingin prestasi mereka, seperti yang diraih dalam Olimpiade Rio 2016, dapat dilanjutkan atlet-atlet muda Indonesia.

"Semoga kesuksesan kami dapat dilanjutkan para junior kami serta dapat memotivasi atlet-atlet cabang olahraga lain," kata Tontowi ketika tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta pada Selasa.

Owi mengaku bersyukur dapat mengembalikan tradisi emas Indonesia dalam Olimpiade. "Terima kasih kepada kedua orangtua, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan seluruh tim yang telah membantu kami selama mengikuti Olimpiade," kata Owi.

Sementara, Butet mengaku gembira dengan sambutan masyarakat Indonesia ketika tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta setelah menjalani penerbangan selama dua hari dari Brazil.

"Sambutan ini membuat saya terharu sekaligus bangga luar biasa. Terima kasih kepada keluarga saya yang selalu mendukung saya," kata Butet.

Ketua Kontingen Indonesia dalam Olimpiade Rio 2016 Raja Sapta Oktohari mengatakan Tim Merah-Putih telah pulang ke Tanah Air dengan kesuksesan mengembalikan tradisi emas.

"Kami melaporkan tim Indonesia telah kembali dengan membawa medali emas dan dua medali perak. Kami berharap prestasi ini dapat memotivasi cabang-cabang olahraga lain untuk juga dapat medali dalam Olimpiade," kata Okto.

Tim bulu tangkis Indonesia yang mengikuti Olimpiade Rio 2016 mendapatkan sambutan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Umum DPR RI Ade Komarudin, Ketua Komite Olahraga Indonesia (KONI) Tono Suratman, Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto, Ketua Umum PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Gita Wirjawan, dan sejumlah pengurus cabang olahraga lain.

Pasangan Owi/Butet langsung mengikuti pawai peraih medali Olimpiade 2016 bersama dua atlet angkat besi yaitu Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni sebagai atlet peraih medali perak.

Rombongan pawai periah medali Olimpiade 2016 yang menggunakan bus tingkat atap terbuka Bandros itu dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016