Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi antarstartup, Startup World Cup 2017 Indonesia, memasuki babak final yang diikuti oleh 10 startup yang bermarkas di empat negara yakni Indonesia, Singapura, Malaysia dan Filipina.

Dari 10 startup tersebut akan memperebutkan satu tiket mewakili regional Indonesia untuk berkompetisi di Startup World Cup 2017 dengan perwakilan dari regional-regional lainnya, demi mendapatkan hadiah utama suntikan modal senilai 1 juta dolar AS dari perusahaan modal ventura Fenox VC.

Grand final tersebut akan dilangsungkan di Silicon Valley, Amerika Serikat, pada 24 Maret 2017 mendatang.

Indonesia merupakan regional pertama yang menyelenggarakan penyisihan Startup World Cup 2017 yang juga akan dilangsungkan di India, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Israel, Australia, Inggris, Republik Ceko, Luxembourg, Afrika Selatan, Chile, West Coast AS, Midwest AS dan East Coast AS.

Di Indonesia, Fenox menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam penyelenggaraan acara tersebut.

"Ini merupakan awal yang baik bagi Startup World Cup 2017 dengan melihat tingginya antusiasme yang sangar besar dari peserta di regional Asia Tenggara pada umumnya dan Indonesia pada khususnya," kata CEO & General Partner Fenox VC sekaligus Ketua Panitia Startup World Cup 2017, Anis Uzzaman.

Dari 660 startup yang mendaftarkan diri terpilih 10 startup yang tujuh di antaranya bermarkas di Indonesia dan tiga lainnya bermarkas di Malaysia, Singapura dan Filipina.

Kesepuluh finalis tersebut akan memaparkan ide-ide mereka di hadapan para juri ahli yang terdiri dari Kepala Bekraf Triawan Munaf, Managing Partner 500 Startups Khailee Ng, CFO & Founder GO-JEK Kevin Aluwi, Co-Founder & Managing Partner Northstar Group Patrick Walujo serta Aasociate Global Founders Capital Leon Hermann.

Salah seorang juri Khailee Ng mengatakan pihaknya akan mencari startup yang memiliki potensial menarik pemodal ventura mengucurkan modal yang tak sedikit.

"Yang utama adalah potensi mereka untuk berkembang secepat apa. Potensi besar yang bisa membuat pemodal berebut untuk mengucurkan dana," kata Ng.

Berikut adalah 10 finalis Startup World Cup 2017 Indonesia:

1. Qlue, aplikasi berbasis media sosial (Indonesia)
2. Ahlijasa, layanan pemesanan jasa rumah tangga (Indonesia)
3. Taralite, layanan pinjam uang online (Indonesia)
4. Kashmi, alat pembayaran virtual (Singapura)
5. U-Hop, layanan booking transportasi untuk shuttle (Filipina)
6. Klikdaily, aplikasi penyedia kebutuhan rumah tangga (Indonesia)
7. Talenta, platform pengelola SDM berbasis cloud (Indonesia)
8. Kioson, platform kios O2O untuk e-commerce (Indonesia)
9. Recomn, startup jasa on-demand (Malaysia)
10. Pro Sehat, aplikasi kesehatan tanya dokter dan apotek online (Indonesia).

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016