Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT XL Axiata Tbk mengimplementasikan solusi Microsoft Office 365 dalam menjalankan transformasi digital di tengah perkembangan teknologi yang sangat cepat dan dinamis.

"Implementasi Microsoft 365 diharapkan terjadi transformasi digital secara internal yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan dalam bekerja, sekaligus meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan," kata Direktur Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, di Jakarta, Selasa.

Menurut Yessie, dengan implementasi ini maka XL menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Microsoft Office 365.

"Kebutuhan perusahaan akan infrastruktur IT yang semakin meningkat serta pembaruan hardware dan software yang begitu pesat, membuat kebutuhan operasional perusahaan pun ikut berubah. Kami membutuhkan teknologi yang dapat mendukung dalam melakukan transformasi digital," ujarnya.

Perwujudan konsep modernisasi ini dilakukan dengan menghadirkan platform digital yang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja karyawan, sehingga karyawan dapat berorientasi terhadap kepuasan pelanggan. "Dengan demikian, karyawan dapat terkoneksi secara internal di mana pun, kapan pun, serta melalui perangkat apa pun," tegas Yessie.

Sementara itu, Enterprise Partner Group Director, Microsoft Indonesia, Kustiawan Kusumo, mengatakan, dengan Office 365 pengguna dapat menyimpan dokumen di satu tempat dan membuat, mengubah, ataupun berbagai dokumen secara mudah di manapun mereka berada.

"Sekalipun mereka (karyawan) sedang tidak berada di dalam satu tempat yang sama, mereka tetap dapat berkolaborasi," ujar Kustiawan.

Berdasarkan survei yang dilakukan Microsoft kepada para pelaku bisnis di Asia pada tahun 2015 lalu, kebutuhan karyawan untuk bekerja secara mobile semakin meningkat. "Sebanyak 70 persen karyawan menghabiskan sedikitnya satu hari dalam seminggu untuk bekerja di luar kantor," ujarnya.

Hal ini pun mendorong Microsoft untuk menghadirkan layanan-layanan produktivitas berbasis komputasi awan, seperti Office 365 yang menghadirkan rangkaian aplikasi Microsoft Office seperti Email Exchange yang dapat diakses saat online ataupun offline, kotak email sebesar 50GB, serta OneDrive Storage sebesar 1TB untuk setiap pengguna.

Seluruh layanan ini dapat diakses melalui internet/website maupun secara on premise (instalasi pada perangkat komputer/laptop) dengan menggunakan koneksi internet, di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, ada juga fitur untuk Share Point, layanan Skype yang meliputi telepon, pesan, dan video conference, layanan Enterprise Social Networking Yammer, Microsoft Office Online/Offline; Data Loss Prevention (DLP), serta Email DRC. Berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki Office 365 tersebut memudahkan karyawan beraktivitas secara mobile.

Manfaat yang sudah terlihat antara lain terselesaikannya persoalan bouncing email berkat kapasitas mailbox per pengguna yang mencapai 50GB, serta meningkatnya efisiensi dan keamanan jaringan perusahaan. Selain itu, berbagai aplikasi bawaan Office 365 seperti OneNote dan Skype juga telah membantu meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016