London (ANTARA News) - Universitas Nurtanio Bandung (Unnur) menjalin kerjasama pendidikan kedirgantaraan dengan Universitas Teknologi Braunschweig (TUB) di Braunschweig dan  menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan lembaga pendidikan tinggi bidang pendidikan logistik dengan Hochschule fur Internationale Wirtschaft und Logistic (HIWL) di Bremen, Jerman.

"Kerjasama ini dalam upaya mengisi kerangka kerjasama sister city Bandung-Braunschweig dengan memanfaatkan keunggulan wilayah Jerman Utara di bidang penanganan logistik dan konektivitas, untuk Universitas Nurtanio Bandung," kata Konsul Pensosbud KKRI Hamburg Singgih Yuwono kepada Antara.

Delegasi Unnur dipimpin Rektor Suparman mengunjungi Jerman Utara demi mengisi kesepakatan Minutes of Meeting (MoM) antara Wakil Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Braunschweig mengenai peningkatan kerjasama sister city kedua kota di tiga bidang, meliputi ekonomi, pengembangan kota, sosial budaya dan kepemudaan.

Unnur Bandung memanfaatkan kunjungan untuk melihat langsung praktik penerapan sistem pelatihan kejuruan pada perusahaan Maintenance, Repairing and Overhaul (MRO) terbesar di Jerman, Lufthansa Technik (LHT), yang berlokasi di Hamburg.

Delegasi Unnur juga mengunjungi HIWL untuk membahas lebih dalam program kerjasama pendidikan pada bidang penanganan logistik, khususnya logistik transportasi udara. Mereka diterima Chancellor HIWL, Mr. Hans-Joachim Kahlen, dan Course Director Logistics HIWL, Prof. Dr.-Ing. Josef Decker.

Hasil positif juga didapatkan selama kunjungan kerja ke TUB di mana Presiden TUB Prof. Dr. Ing Jurgen Hesselbach dan wakil international office TUB, Dr. Ute Kopka, menyambut keinginan Unnur  meningkatkan kapasitas program pendidikan perawatan pesawat terbang.

TUB memiliki reputasi dalam bidang riset transportasi dan kedirgantaraan melalui lembaga riset Automotive Research Centre Niedersachsen (NFF) dan Aerospace Research Centre Niedersachsen (NFL) bekerjasama dengan German Aerospace Center (DLR). Hasil kajian antara kedua universitas di arahkan untuk kerjasama antarfakultas teknik, terutama pada bidang pemeliharaan pesawat.

Wakil Wali Kota Braunschweig menyambut baik kunjungan Unnur dan memuji kesigapan kota Bandung dalam menindaklanjuti hasil kunjungan kerja serupa oleh Wakil Wali Kota Braunschweig ke Bandung dalam rangka kerjasama sister city Bandung-Braunschweig baru-baru ini.

"Kunjungan kerja Unnur Bandung adalah tindak lanjut hasil kunjungan Wakil Walikota Braunschweig ke Bandung serta upaya mengisi kerangka kerjasama sister city yang sudah berusia 46 tahun antara kedua kota itu," kata Konjen RI Hamburg Sylvia Arifin.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016