Kami bertemu kepada mitra, untuk mendata jumlah ternak yang siap untuk kurban, setelah itu kami tinjau hewan-hewan ternak tersebut
Garut (ANTARA News) - Lembaga nirlaba Dompet Dhuafa menyiapkan hewan kurban bagi 18 ribu orang untuk Idul Adha 1437 H melalui program Tebar Hewan Kurban.

"Tahun ini kita menyiapkan 18 ribu, namun kalau dilihat trennya yang meningkat diperkirakan permintaan bisa mencapai 25 ribu," kata Manajer Program Bidang Peternakan Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa Saripudin di Garut, Rabu.

Dia mengatakan angka tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, tahun lalu Dompet Dhuafa menyiapkan 13 ribu hewan kurban dan permintaannya mencapai 17 ribu.

Program kurban tersebut sudah dimulai sejak 1994, Dompet Dhuafa mendapat pasokan ternak dari puluhan mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia.

Pasokan para mitra Dompet Dhuafa berasal dari beberapa daerah seperti Parung, Sukabumi, Cianjur dan Garut.

Persiapannya juga sudah dilakukan empat bulan sebelum hari kurban.

"Kami bertemu kepada mitra, untuk mendata jumlah ternak yang siap untuk kurban, setelah itu kami tinjau hewan-hewan ternak tersebut," kata dia.

Daging kurban tersebut diharapkan dapat menjangkau kaum dhuafa di berbagai pelosok negeri dan juga keluar negeri.

"Daging kurban ini akan disalurkan hingga ke pelosok, dan tahun ini kemungkinan akan didistribusikan ke empat negara yaitu Vietnam, Myanmar, Filipina dan Kamboja. Kalau tahun lalu kami salurkan ke Gaza, Palestina," kata dia.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016