Gresik (ANTARA News) - Universitas Negeri Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur menyiapkan gedung kampus berkonsep Agro Tecno Park atau Taman Teknologi Pertanian di wilayah Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, di Gresik, Rabu mengatakan pembangunan kampus di wilayahnya adalah bagian dari upaya pemkab untuk mewujudkan Gresik sebagai kabupaten yang mengedepankan pendidikan.

Sambari mengaku dalam membangun sarana pendidikan itu, pihaknya juga menggandeng beberapa universitas negeri di Surabaya, seperti Unair dan Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), serta kerja sama dengan PT Polowijo Gosari Group, sebagai investor.

Terkait rencana Unair, Sambari mengaku telah mendengar paparan dari pihak kampus tersebut dalam audiensi di ruang rektorat Unair bersama Rektor Unair Prof Nasih, serta Chairman PT Polowijo Gosari Group Djauhar Arifin.

"Ini merupakan kerja sama yang sangat baik, karena memang cita-cita kami sebagai pemerintah ingin mewujudkan pendidikan di Gresik agar semakin berkualitas, dan kami siap membantu sesuai tugas dan wewenang saya," ucap Sambari.

Sambari mengatakan, pembangunan akan dilakukan setelah beberapa syarat terpenuhi dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Rektor Unair Prof Nasih menjelaskan pembangunan kampus membutuhkan lahan seluas 50 hektar, dan hingga saat ini lahan yang sudah dipersiapkan seluas 5 hektar.

"Rencananya akan dibangun lima fakultas serta beberapa insfratruktur lainnya, yakni Fakultas Ekonomi dan bisnis, Fakultas Sains dan Teknlogi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Vokasi," ucapnya.

Nasih mengatakan, selain gedung perkuliahan nantinya fasilitas penunjang lainnya juga akan dibangun, antara lain sarana olahraga untuk mahasiswa, pusat riset, asrama mahasiswa dan dosen, serta masjid sebagai sarana untuk beribadah.

"Untuk rancangan arsitektur dan insfrastruktur masih dalam kajian tim masterplan dan akan selesai pada bulan Oktober 2016," katanya.

Nasih menjelaskan, konsep pembangunan kampus Unair di Gresik mengacu pada program pemerintah yang sudah dicanangkan yakni Taman Teknologi Pertanian.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016