Jakarta (ANTARA News) - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno pada hari Kamis (25/8 ) dideklarasikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai Calon Gubernur DKI untuk Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

"Besok PKB akan deklarasi dan akan ada beberapa partai lagi yang akan melakukan deklarasi sebagai pendukung," kata Sandiaga di Jakarta, Rabu.

PKB memiliki basis massa yang besar di Jakarta, adapun salah satu alasan PKB mendukung dirinya sebagai Cagub DKI Jakarta karena kesamaan misi untuk membangun Jakarta ke depan menjadi lebih maju.

"Kesamaan pola pandang membangun Jakarta ke depan, menciptakan lapangan pekerjaan. Mereka juga khawatir tradisi yang ada saling percaya, mengasihi dan saling cinta itu pudar," kata Sandiaga.

PKB dan Nahdlatul Ulama (NU) adalah salah satu pilar masyarakat Indonesia misalya mengayomi dan rasa saling percaya, toleransi, pluralisme, katanya.

"Gus Dur mengajarkan kita untuk tidak terpecah - pecah dan keberagaman kita adalah aset. NU melihat itu ada dalam sosok saya," kata Sandiaga.

Saat ini tiga nama Bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang akan mendampingi Sandiaga pada Pilgub DKI 2017 yakni Yoyok Riyo Sudibyo saat ini menjabat sebagai kepala daerah di Batang, kualitas kepemimpinan Yoyok tak perlu diragukan lagi dengan banyaknya prestasi yang ditorehkan, antara lain, peraih Bung Hatta Anti Corruption Award Dan Transparancy Expert.

Sedangkan Sylviana Murni saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Serta Saefullah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016