Pontianak (ANTARA News) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan dirinya mendukung rencana kenaikan cukai rokok yang akan dilakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat.

"Menanggapi isu kenaikan cukai rokok yang akan diberlakukan oleh Pemerintah Pusat, yang akan berdampak pada kenaikan harga rokok di Indonesia, saya sangat mendukung hal itu," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Jumat.

Namun Rusman Ali secara tegas meminta agar pemerintah melakukan kajian yang mandalam dan memikirkan kemaslahatan masyarakat banyak terutama buruh dan petani tembakau.

Sebab, menurutnya jika diberlakukan harga yang sangat tinggi maka akan berdampak pada industri rokok dalam negeri. Yang pada akhirnya akan berdampak pada nasib puluhan juta karyawan perusahaan rokok dalam negeri termasuk para petani tembakau di Indonesia.

"Saya setuju sejauh itu kepentingannya untuk pemulihan ekonomi Indonesia, tetapi kan tidak satu-satunya cara. Dan harus dilakukan kajian terlebih dahulu, kalaupun dinaikan kenaikannya yang masih wajar saja," tuturnya.

Jika maksudnya untuk menghindari kemampuan pelajar untuk membeli rokok, lanjutnya, maka dikaji kewajarannya. Sebab berkaitan dengan rokok ini, jika kenaikannya tidak dikendalikan maka dampaknya pada industri rokok dalam negeri yang akan berakibat pada buruh pabrik rokok dan petani tembakau di Negeri ini.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016