... ucapan dan perilaku artis akan mudah ditiru penggemar, coba bayangkan kalau perilaku artis mencerminkan Pancasila...
Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, menilai masyarakat termasuk para artis berperan memasyarakatkan Pancasila di bidangnya masing-masing. Apalagi para artis, menurut dia, memiliki penggemar yang mudah meniru perilaku mereka. 

"Artis film,adalah figur publik. Setiap omongannya didengar orang apalagi artis yang banyak penggemarnya. Setiap ucapan dan perilaku artis akan mudah ditiru penggemar, coba bayangkan kalau perilaku artis mencerminkan Pancasila," tutur dia, dalam sosialisasi Empat Pilar di hadapan anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), di Mataram, NTB, Jumat. 

Hadir dalam sosialisasi itu Wali Kota Mataram, Ahyar Abduh, anggota dewan Fraksi PAN, Dessy Ratnasari, Ketua Umum PARFI, Gatot Brajamusti, dan sejumlah artis, di antaranya Pong Harjatmo dan Reza Artamevia.

Dalam kesempatan itu, Hasan mengingatkan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang berkarakter dan berbudi luhur yang semuanya berasal dari Pancasila.

"Karakter bangsa yang berpancasila sudah ada sejak dulu dan dirumuskan dalam isi Pancasila.  Contoh bangsa ini memiliki karakter yang berketuhanan yang ada dalam sila pertama Pancasila.  Karakter bangsa yang bergotong royong ada juga dalam Pancasila," kata dia. 

Dia juga mengingatkan, Pancasila sebagai nilai luhur bangsa harus terus dipelajari, dipahami dan diamalkan seluruh rakyat Indonesia.  

"Masing-masing individu dan elemen bangsa di Indonesia memiliki tanggung jawab yang sama dalam memasyarakatkan Pancasila. Peran aktif seluruh elemen bangsa sangat diharapkan agar Pancasila lekat dalam sanubari bangsa," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016