Riyadh (ANTARA News) - Pesawat Antonov Sudan melakukan pendaratan darurat di Arab Saudi setelah lepas landas dari pangkalan militer yang digunakan untuk membombardir pemberontak Yaman, Kamis (25/8), menurut keterangan otoritas penerbangan Arab Saudi. Tidak ada laporan mengenai korban cedera dalam insiden tersebut.

Pesawat An-12 tersebut mendarat darurat dengan selamat di Bandara Baha di wilayah barat daya Arab Saudi, menurut pernyataan Otoritas Umum Penerbangan Sipil.

Baha berjarak sekitar 300 kilometer di utara Khamis Mushait, lokasi pangkalan udara yang digunakan oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi dalam melancarkan serangan udara terhadap pemberontak Huthi di Yaman.

Pesawat angkut tersebut sedang dalam perjalanan menuju ibu kota Sudan, Khartoum, dengan mengangkut 10 awak, menurut keterangan otoritas Arab Saudi.

Antonov, pesawat buatan Uni Soviet, mengalami kerusakan mesin dan ban pesawat pecah saat mendarat di Baha, menurut keterangan otoritas penerbangan.

Sudan, salah satu negara anggota koalisi, mengerahkan tentara dan pesawat untuk memerangi pemberontak Huthi, demikian laporan AFP.  (ab/)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016