Posisi Indonesia sangat strategis, yakni di jalur persilangan dunia, sehingga membuat negara ini mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemaritiman yang akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indon
Surabaya (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelar program pengenalan potensi maritim kepada mahasiswa Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat dalam kegiatan "Pelindo III Goes to Campus" di kampus setempat, Jumat.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat mengatakan program itu bertujuan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman kepada generasi muda, sekaligus sebagai bentuk dukungan Pelindo III kepada program pemerintah.

"Kegiatan itu juga untuk mendukung Program Tol Laut yang digagas pemerintah pusat, dan sebagai bagian peran BUMN kepelabuhanan dalam menyukseskan program tersebut," katanya.

Edi mengatakan, program tersebut juga bertujuan memberikan pendidikan seputar perkembangan terkini maritim di Indonesia.

"Dalam kegiatan Pelindo III Goes to Campus juga digelar seminar kemaritiman, yang dihadiri narasumber profesional di bidang kemaritiman, di antaranya Asisten Kepala Biro Perencananaan Strategis Korporat Pelindo III, Edward D P Napitupulu," ucap Edi.

Rektor Universitas Mataram Prof Ir H Sunarpi Ph D menyambut baik kegiatan tersebut, sebab pengetahuan tentang kemaritiman sangat dibutuhkan oleh generasi muda sebagai penerus bangsa, karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

"Posisi Indonesia sangat strategis, yakni di jalur persilangan dunia, sehingga membuat negara ini mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemaritiman yang akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indonesia," kata Sunarpi.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada Februari dan April 2016.

Tema yang diusung dalam kegiatan itu adalah "Peran Pemuda Menyongsong Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia 2045" dengan pelaksanaan selama dua hari dengan rangkaian kegiatan seminar berupa aksi "go green" dan melakukan penanaman ratusan pohon di lingkungan kampus.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016