Dengan telekomunikasi ini, masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dapat memasarkan produknya, tanpa harus membawa barangnya, cukup mempromosikannya lewat situs,"
Manado (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan telekomunikasi dapat mendorong ekonomi digital hingga ke pelosok kepulauan.

"Dengan telekomunikasi ini, masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dapat memasarkan produknya, tanpa harus membawa barangnya, cukup mempromosikannya lewat situs," kata Menteri saat dialog interaktif sosialisasi "Palapa Ring" di RRI Manado, Sulawesi Utara, Jumat.

Menurut Menteri, untuk mewujudkan hal itu memerlukan internet yang dibangun melalui infrastruktur kabel bawah laut, kabel darat, "microwave" dan satelit.

"Bila tidak ada infrastrukturnya kita tidak bisa menikmati internet. Salah satu tujuannya meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di daerah kepulauan di Sulawesi Utara," katanya.

Oleh karena itu, menurut profesional di bidang telekomunikasi itu, pemerintah yang akan menyediakan belum meratanya layanan telekomunikasi ini sehingga seluruh masyarakat Sabang sampai Merauke bisa menikmatinya.

Apabila infrastruktur telekomunikasi ini belum bisa menjangkau daerah perbatasan atau pulau terluar, lanjut Menteri, pemerintah ada program khusus menggunakan satelit untuk nelayan, pertanian atau masyarakat pedalaman.

"Masyarakat Indonesia tidak hanya kota besar, mereka yang tinggal di daerah pelosok juga harus mendapatkan hak yang sama," ujarnya.

Apabila infrastruktur ini sudah selesai dibangun pada 2019, kata dia, operator dapat membangun "Base Transceiver Station" (BTS).

"Kalau minatnya kurang, kita kasih insentif, pemerintah kasih diskon agar operator bisa membangun dengan murah," ujarnya.


Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016