Pertandingan akan berlangsung ketat. Mereka baru saja menelan kekalahan ketika melawan Burnley.
London (ANTARA News) - Apa yang perlu dilakukan oleh seluruh penggawa Tottenham Hotspur dan Liverpool? Berpikir dan bertandinglah dengan bermodal keyakinan meraih kemenangan. Singkirkan segala kekhawatiran karena ketenangan menghadapi tantangan pertandingan merupakan modal dasar menghadapi lawan.

Hotspur siap menjamu Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris yang digelar di White Hart Lane, London, pada Sabtu waktu setempat, atau Sabtu malam, pukul 18.30 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh beINSports 1 dan MNC TV.

Dalam pekan pertama, skuat berjuluk Lily Whites bermain imbang 1-1 di Everton, sementara Liverpool menelan kekalahan 0-2 dari Burnley pada pekan lalu.

Untuk meraih hasil gemilang, Spurs di bawah pelatih  Mauricio Pochettino perlu menurunkan tiga serangkai Vincent Janssen, Harry Kane dan Dele Alli untuk mampu mencetak gol ke gawang Liverpool.

Agar kane dapat mengeluarkan seluruh kemampuan, maka ia perlu berani mengambil posisi lebih dalam. Sementara di kubu Liverpool, Daniel Sturridge perlu diberi kepercayaan lebih sentral dalam bermanuver dengan didukung pemain sayap sekelas Roberto Firmino atau Divock Origi.

Di sinilah karisma pelatih Liverpool Juergen Klopp tertantang memacu dan memicu semangat para pemain asuhannya, meski mereka bertanding di kandang Tottenham.

Komentar manajer (BBC.co.uk):

 * Mauricio Pochettino (Tottenham):

"Mereka (Liverpool) tampil cepat, mengandalkan organisasi permainan yang apik, dan suka melancarkan serangan balik yang cepat. Ini jelas berbeda dengan gaya permainan kami."

"Kami lebih suka menguasai bola, tampil dengan penguasaan bola, dan bermain apik di setengah lapangan. Kami tim dengan filosofi bermain yang berbeda dengan tim lainnya."

"Pertandingan akan berlangsung ketat. Mereka baru saja menelan kekalahan ketika melawan Burnley. Mereka tentu berusaha tampil sebaik mungkin dalam pertandingan nanti."

* Juergen Klopp (Liverpool):
"Saya tidak ingin memainkan dan memfungsikan Daniel sebagai pemain yang melebar. Ia mampu berperan dan bermain dalam setiap momen menentukan. Hanya saja ia masih perlu meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyelesaian akhir."

"Saya beranggapan bahwa kedua gol ketika melawan (Burton) berbuah dari lini sayap. Inilah sepak bola yang fleksibel. Inilah sepak bola yang dinamis, ketika pemain mampu turun di berbagai posisi. Ini tidak sebatas berlaku dalam kasus Daniel."

"Daniel pemain cerdas. Ia mampu memotivasi diri. Ia mampu bertahan dan kerapkali menempati posisi sebagai pemain sayap. Saya tahu dia, untuk itu saya tidak perlu lagi banyak bicara mengenai berbagai hal."

Prakiraan susunan pemain:

*Tottenham Hotspur (4-2-3-1):

Vorm (penjaga gawang), Rose, Vertonghen, Alderweireld, Walker, Wanyama, Dier, Erikssen, Kane, Lamela, Janssen

* Liverpool (4-3-3):
Mignolet (penjaga gawang), Clyne, Lovren, Matip, Milner, Lallana, Henderson, Wijnaldum, Mane, Firminho, Coutinho
 
Data dan fakta (Opta Facts):

* Tottenham Hotspur belum pernah meraih kemenangan dalam tujuh laga melawan Liverpool di ajang Liga Inggris. (lima kalah, dua imbang).
* Liverpool mengemas 19 gol dalam tujuh laga tidak terkalahkan melawan Tottenham. Rata-rata gol yang dilesakkan 2,7 gol per laga.
* Liverpool belum terkalahkan dalam tiga laga tandang ke White Hart Lane (dua menang, sekali imbang) dengan mencetak delapan gol dan belum kebobolan.
* Liverpool mencatatkan diri sebagai tim yang terbanyak mencetak gol selama 2016 di ajang Liga Inggris (45 gol), meski kemasukan 33.
* Hary Kane belum mencetak gol selama bulan Agustus ini di ajang Liga Inggris. Ia turun dalam sembilan laga dan bermain selama 545 menit pada bulan ini.   
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Tottenham Hotspur: W D W L L


20/8/16 Tottenham Hotspur 1 - 0 Crystal Palace
13/8/16 Everton 1 - 1 Tottenham Hotspur
5/8/16 Tottenham Hotspur 6 - 1 Internazionale Milano
29/7/16 Tottenham Hotspur 0 - 1 Atlético Madrid
26/7/16 Juventus 2 - 1 Tottenham Hotspur

* Liverpool: W L W L W

23/8/16 Burton Albion 0 - 5 Liverpool
20/8/16 Burnley 2 - 0 Liverpool
14/8/16 Arsenal 3 - 4 Liverpool
7/ 8/16 Mainz 4 - 0 Liverpool
6/8/16 Liverpool 4 - 0 Barcelona

Head To Head:
 
2/4/16 Liverpool 1 - 1 Tottenham Hotspur
17/10/15 Tottenham Hotspur 0 - 0 Liverpool
10/2/15 Liverpool 3 - 2 Tottenham Hotspur
31/8/14 Tottenham Hotspur 0 - 3 Liverpool
30/3/14 Liverpool 4 - 0 Tottenham Hotspur

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Tottenham Hotspur 1 - 3 Liverpool
* Tottenham Hotspur 1 - 2 Liverpool
* Tottenham Hotspur 0 - 0 Liverpool

Prediksi Man of the Match (Whoscored.com):

1.Sadio Mané (28 persen)
2.Harry Kane (20 persen)
3.Christian Eriksen (12 persen)
4.Philippe Coutinho (8 persen)
5.Divock Origi (8 persen)
   
Prediksi jalannya laga:

* Skuat Tottenham diliputi percaya diri karena meraih kemenangan 1-0 dalam laga kandang melawan Crystal Palace pekan lalu.
* Hanya saja pasukan Spurs perlu berjuang lebih keras memutus raihan negatif karena tidak pernah menang melawan Liverpool dalam enam laga.
* Skuat The Reds perlu memodali diri dengan semangat bertanding membawa sama ketika mampu mengalahkan Arsenal dengan skor 4-3.
* Kemenangan demikian bermakna dan berarti bagi kubu Liverpool mengingat pertandingan ini digelar di kandang Tottenham.

Prediksi hasil laga:
* Tottenham: 2
* Liverpool: 1 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016