Miami (ANTARA News) - Amerika Serikat (AS) merepatriasi 161 warga Kuba pekan ini setelah menghadang mereka di laut saat mencoba mencapai tanah Amerika, kata Penjaga Pantai AS pada Jumat (26/8).

Kapal patroli Penjaga Pantai mengantarkan para imigran ke Bahia de Cabanas, Kuba dengan tiga kali perjalanan pulang pergi pada Senin, Kamis dan Jumat, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Kami tidak menganjurkan orang-orang melakukan perjalanan laut dan mencoba mencapai tanah AS secara ilegal – mereka mempertaruhkan nyawa mereka dengan hanya sedikit peluang untuk berhasil," kata Kapten Penjaga Pantai Mark Gordon, seperti dilansir AFP.

"Berlayar di Selat Florida bisa sangat berbahaya bagi orang yang tidak siap melakukan pelayaran ilegal dan seringnya menyebabkan cedera atau kematian."

Penjaga Pantai AS melihat ada peningkatan dalam jumlah warga Kuba yang tiba di AS melalui darat dan laut sejak Washington dan Havana mengumumkan mereka akan mulai memulihkan hubungan pada Desember 2014.

Imigran Kuba yang mencapai Amerika Serikat akan dipercepat menerima status kependudukan dan kewarganegaraan di bawah kebijakan era Perang Dingin yang dikhawatirkan banyak pihak akan dihentikan saat kedua negara memulihkan hubungan.  (mu)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016