Saya tadi sudah mengecek ke pedagang apakah Teras BRI Digital ini, dan omzetnya mereka meningkat. Pedagang baik melalui foto-foto dan telepon melakukan transaksi. Hal ini, menguntungkan para pedagang."
Solo (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan program "Teras BRI Digital" merupakan pasar online yang dapat meningkatkan pendapatan para pedagang di Pasar Tradisional.

"Adanya Teras BRI Digital sangat baik untuk meningkatkan pedapatan para pedagang pasar dan memberikan informasi kepada masyarakat di pasar ini," kata Rini Soemarno disela kunjungan kerja melihat langsung beroperasinya Teras BRI Digital di pasar tradisional Gede Solo, Sabtu.

Menurut Rini, dengan Teras BRI Digital tersebut dapat mengikuti kondisi pasar ditawarkan harga berbagai macam komoditas seperti buah-buahan setiap saat selalu update. Masyarakat atau pedagang dapat langsung menggunakan telepon genggamnya mendapatkan informasi harga dan bertransaksi.

"Saya tadi sudah mengecek ke pedagang apakah Teras BRI Digital ini, dan omzetnya mereka meningkat. Pedagang baik melalui foto-foto dan telepon melakukan transaksi. Hal ini, menguntungkan para pedagang," kata Rini.

Kendati demikian, Rini berharap program Teras BRI Digital tersebut di pasar-pasar dapat diterapkan dan terus ditingkatkan, sehingga pasar tradisional ini bisa dipertahankan serta berkembang.

Menurut Rini, sekarang banyaknya supermarket atau toko-toko modern yang buka selama 24 jam tersebut, sejumlah pasar tradisional lama-lama bisa tersingkir atau terpinggir.

Namun, kata Rini, dengan adanya Teras BRI Digital tersebut pasar-pasar tradisional dapat terbantu dan kembali berkembang menjadi kuat karena banyak pengunjung.

Rini juga meminta BRI yang memiliki jaringan hingga ke pelosok daerah supaya dapat memanfaatkan "Corporate Social Responsibility" (CSR) untuk memperbaiki pasar-pasar tradisional tersebut. Misal, ikut menjaga kebersihan pasar tradisional lebih ditingkatkan.

Pemerintah dalam hal tersebut juga ikut mendorong melalui Kementerian Perdagangan yang betul-betul membantu agar pasar-pasar tradisional ini tetap eksis dan berkembang lebih baik.

"Kita juga mencoba untuk membuat program-program dengan Kementerian Perdagangan untuk menangani pasar tradisional agar lebih berkembang seperti pasar modern," katanya.

Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Direktur Utama BRI Asmawi Syam, Direktur Konsumer BRI Sis Apik Wijayanto, juga melakukan pengecekan langsung kepada pedagang di Pasar Gede Solo, tentang program Teras BRI Digital.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016